Ikut Kursus Pelatih AFC, Passos Dapat Ilmu dan Pengalaman Baru

Penulis: M. Aldi
Minggu 14 Nov 2021, 01:00 WIB
Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos

Luizinho Passos

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos melewatkan beberapa laga mendampingi anak asuhnya di series kedua. Itu karena dia mengikuti kursus pelatih lisensi C AFC selama sekitar dua pekan di bulan Oktober lalu.

Sang pelatih pun mengatakan kursus pelatih yang dijalani berlangsung dengan mulus. Dia banyak mendapatkan manfaat dari kursus ini terutama dari ilmu kepelatihan. Dia juga kini jadi lebih paham sepakbola Indonesia.

"Kursusnya berlangsung dengan sangat bagus, kami banyak belajar tentang filosofi sepakbola di Indonesia. Dan yang mana semuanya dimulai dari pemain di level akademi hingga ke level profesional," kata dia ketika diwawancara.

Selain itu, banyak hal positif lain yang didapat pria berkebangsaan Brasil ini. Seperti pengalaman baru dalam kursus kepelatihan di tanah air. Juga teman-teman baru, yang mana mereka adalah sesama peserta kursus.

"Ada beberapa pengalaman (menarik), kami saling bertukar pengalaman dan informasi, selalu belajar dan tentu saja mempunyai teman baru," kata pria yang memulai karir di Indonesia bersama Borneo FC tersebut.

Ilmu yang didapat pun tidak main-main karena instruktur yang bertugas punya pengetahuan yang luas. Cara mereka memnjelaskan materi pun mudah dipahami oleh Passos. Itu menjadi alasan dia bisa melewati kursus ini dengan baik.

"Saya mempunyai dua instruktur yang luar biasa tentunya, coach Hanafing dan coach Wolf (Wolfgang Pikal). Mereka menjelaskan semua (materi) dengan sangat jelas," tutur pelatih kiper berusia 46 tahun tersebut.

"Yang mana itu berdampak banyak bagi saya untuk lebih memahami filosofi sepakbola Indonesia. Sepakbola yang selalu mencoba bermain menyerang dengan mengandalkan kecepatan dan bertahan secara tim dengan rapat," lanjut dia.

Sebelumnya Passos dipermasalahkan lisensi kepelatihannya karena tidak sesuai regulasi di liga. Untuk itu Persib mengirimnya untuk mengikuti kursus pelatih AFC. Setelah mengantongi lisensi C AFC, dia punya mimpi untuk terus memperbaharui menuju level teratas.

"Ya saya tahu itu adalah peraturannya untuk pelatih di Asia, butuh lisensi AFC. Tapi saya pergi selama dua pekan ke kursus kepelatihan di Bali dan semua berjalan bagus," ujar dia.

"Sekarang saya bersiap untuk mendapat lisensi level 1 untuk penjaga gawang. Setelah proses ini selesai semoga saya bisa mendapat Lisensi B, lalu semoga ke depan bisa mendapat lisensi A, tapi bagus dan saya sangat senang," tukasnya.

Artikel Tag: luizinho passos, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ikut-kursus-pelatih-afc-passos-dapat-ilmu-dan-pengalaman-baru
600  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini