Hikmah di Balik Kegagalan Transfer Timo Werner ke Liverpool

Penulis: Degha Mulia
Jumat 19 Jun 2020, 09:30 WIB
Hikmah di Balik Kegagalan Transfer Timo Werner ke Liverpool

Skuad Liverpool dalam sebuah sesi latihan (Foto: liverpoolfc)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Diperkuat trio Firmino, Mane,dan Salah yang dinilai sebagai salah satu kombinasi lini depan terbaik di dunia dalam beberapa musim terakhir tidak membuat Liverpool mengurungkan niatnya untuk menggaet penyerang berusia 24 tahun, Timo Werner.

Pemain dengan nilai release clause sebesar 52 juta poundsterling ini, dalam beberapa bulan terakhir santer dikabarkan segera merapat ke Anfield. Salah satu hal yang membuat kabar kepindahan Werner ke Liverpool ialah intensnya pemain asal Jerman tersebut menjalin kontak dengan manajer Liverpool, Jurgen Klopp beberapa waktu belakangan. 

Namun alih-alih mendekat ke Anfield, justru secara mengejutkan Chelsea baru saja menyelesaikan proses kepindahan Werner untuk memperkuat skuad asuhan Frank Lampard mulai musim depan.

Chelsea telah mencapai kesepakatan dengan RB Liepzig terkait transfer Werner dan secara resmi klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut telah menebus biaya transfer sang pemain di harga 47,5 juta poundsterling.

Gagalnya Werner mendarat di Anfield membuat beberapa kopites kecewa. Sebab, meskipun sang pemain intens menjalin kontak dengan Klopp, tidak ada pembicaraan resmi yang terjalin antara Liverpool dengan Liepzig soal transfer sang pemain.

Sejumlah spekulasi pun bermunculan dalam menguak sebab di balik kegagalan Liverpool mendatangkan Werner. Salah satu isu yang menguat ialah terkait faktor finansial. Liverpool diisukan menjadi salah klub yang cukup terdampak secara finansial akibat pandemi covid-19 sehingga muncul dugaan bahwa manajemen saat ini sedang memutar otak untuk menjaga stabilitas keuagan klub.

Salah satu siasat ialah dengan meminimalisir pengeluaran dalam hal belanja pemain dan lebih cermat di dalam beraktivitas pada bursa transfer. Sehingga, muncul kabar bahwa manajemen Liverpool dikabarkan enggan untuk menebus release clause dari sang striker.

Mungkin di antara semua spekulasi yang ada, salah satu yang cukup rasional ialah dengan mempertimbangkan kebutuhan lini depan Liverpool sendiri. Sudah hampir 3 musim trio Firmino, Mane, dan Salah menjadi tumpuan di lini depan Liverpool. Dengan melihat kualitas ketiga pemain tersebut dan kontribusinya sejauh ini untuk The Reds, rasanya hampir mustahil posisi ketiganya sebagai pemain utama akan digusur. Sehingga, menebus release clause Werner yang nilainya di kisaran 50 juta poundsterling dinilai agak mubazir dengan tidak adanya jaminan ia akan menjadi pilihan utama Klopp. 

Jika ditinjau lebih lanjut, batalnya Werner mendarat di Anfield juga dapat menjadi berkah bagi beberapa pemain yang posisinya terancam andai striker tim nasional Jerman tersebut mendarat di Anfield.

Nama pertama yang seolah mendapat angin segar dengan kegagalan The Reds mendatangkan Werner ialah Divock Origi. Striker tim nasional Belgia tersebut selama musim ini performanya tidak konsisten meskipun kerap mencetak gol-gol krusial bagi Liverpool. Dilihat dari menit bermain pun, Origi musim ini kerap tampil dari bangku cadangan sebagai pelapis Mane,Firmino, dan Salah.

Jika Werner datang, maka posisi Origi kemungkinan besar akan semakin tergeser di skuad Klopp. Tetapi dengan kondisi batalnya Werner hijrah ke Anfield, Origi nampaknya masih menjadi opsi terbaik Klopp sebagai pelapis trio lini depan andalan Liverpool, terlebih dengan penyelenggaraan Piala Afrika tahun depan, Origi kemungkinan besar akan memperoleh kesempatan bermain yang lebih banyak.

Selain Origi, Takumi Minamino nampaknya bisa sedikit bernapas lega dengan kegagalan Liverpool mendatangkan Werner. Pemain tim nasional Jepang tersebut saat ini belum memiliki menit bermain yang banyak, bahkan ia tercatat baru bermain di 3 laga premier sebagai pemain pengganti.

Pemain yang baru didatangkan pada bursa transfer Januari ini masih menjajaki proses adaptasi dengan iklim sepakbola di Inggris. Minamino sejatinya merupakan pemain yang dapat bermain di berbagai posisi mulai dari gelandang serang, pemain sayap, hingga penyerang.

Di Liverpool sendiri, Minamino kerap dijadikan sebagai pelapis Firmino mengisi posisi penyerang tengah. Tentu jika Werner yang berposisi sebagai seorang striker hadir, maka posisi dari Minamino pun dapat terancam.  Minamino pun merupakan salah satu pemain yang berpotensi menjadi pemain yang berharga bagi skuad Jurgen Klopp terlebih jika ia sudah bisa menyatu dengan taktik Klopp.

Shaqiri juga menjadi salah satu pemain yang posisinya terancam andai Werner hijrah ke Liverpool. Pemain berusia 28 tahun ini, dalam beberapa waktu belakangan dikabarkan akan meninggalkan Anfield menyusul kabar ketertarikan sejumlah klub untuk merekrutnya.

Shaqiri musim ini kerap berkutat dengan cedera sehingga waktu bermainnya pun juga minim. Shaqiri pun dikabarkan sedang mencari klub yang mampu memberinya jaminan untuk tampil secara reguler. Dengan kemungkinan Liverpool tidak ada akan belanja besar-besaran di bursa transfer musim depan, sepertinya Shaqiri akan tetap diandalkan sebagai pelapis dari Mane atau Salah. 

Naby Keita pun juga menjadi salah satu pemain yang diuntungkan dengan keadaan saat ini. Sempat muncul wacana bahwa dengan Werner pindah ke Liverpool, trio Firmino, Mane, dan Salah tetap dapat dimainkan sebagai starter. Dengan menggunakan formasi 4-2-3-1 posisi sebagai nomor 10 atau penyerang tengah akan diisi Werner lalu trio Firmino, Mane, dan Salah akan menunjang Werner.

Tetapi dengan kegagalan Werner mendarat di Anfield, nampaknya rencana tersebut tidak akan terealisasi sehingga posisi Keita sebagai gelandang serang di belakang trio lini  depan Liverpool akan tetap aman. Terlebih saat ini Keita sedang berjuang keras untuk keluar dari jeratan cedera yang kerap menghinggapinya.

Kegagalan Werner menjadi bagian skuad Jurgen Klopp pun juga menjadi berkah bagi pemain-pemain muda Liverpool, salah satunya Harvey Elliot. Diplot sebagai regenarasi trio Firmino, Mane, dan Salah, musim depan Elliot rencananya akan mendapat menit bermain lebih. Tentu rencana tersebut tidak akan terjadi andai Werner datang dikarenakan Elliot memiliki posisi dan peran yang kurang lebih sama dengan Werner.

Harry Wilson dan Rhian Brewster pun juga menjadi pemain yang diuntungkan dengan gagalnya transfer Werner ke Liverpool sebab kedua pemain yang saat ini masih berada dalam masa pinjaman ini diisukan masuk dalam rencana skuad Klopp musim depan sebagai pelapis dari trio lini depan andalan Liverpool. Sehingga keduanya berpotensi untuk mendapat menit bermain lebih banyak di Liverpool musim depan

Artikel Tag: Bursa Transfer, Liverpool, timo werner, Xherdan Shaqiri, Divock Origi, Harry Wilson

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/hikmah-di-balik-kegagalan-transfer-timo-werner-ke-liverpool
3020  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini