Guardiola Diklaim Bisa Kembali Tangani Barcelona

Penulis: Rei Darius
Jumat 06 Des 2019, 16:30 WIB
Guardiola Diklaim Bisa Kembali Tangani Barcelona

Guardiola diklaim bisa kembali ke Barcelona (Image: Getty)

Berita Liga Spanyol: Valenti Guardiola, ayah dari Pep Guardiola, mengatakan keyakinannya bahwa sang manajer Manchester City bisa jadi akan kembali menangani Barcelona suatu hari nanti.

Sang juru taktik asal Catalan itu memulai karier manajerialnya di Camp Nou mulai tahun 2008 silam, dengan membantu klub untuk memenangkan 14 trofi bergengsi selama empat musim menjabat, termasuk di antaranya adalah tiga titel La Liga dan dua Liga Champions.

Guardiola memperkenalkan filosofi tiki-taka miliknya sendiri di Barca, dengan memanfaatkan bakat-bakat individual yang dimiliki oleh para pemain bintang sekaliber Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta.

Sang pelatih yang kini erusia 48 tahun tersebut kemudian meninggalkan Camp Nou pada tahun 2012, dan baru kembali melatih setahun setelahnya bersama Bayern Munich. Dia menikmati tiga tahun yang penuh trofi di Jerman, sebelum bergabung dengan Manchester City pada tahun 2016, tempatnya menegaskan reputasi sebagai salah satu manajer terbaik dunia saat ini.

City sukses memenangkan dua gelar juara Premier League di bawah asuhan Guardiola dan kembali mendominasi sepak bola Inggris dengan mengamankan treble winners domestik pada musim lalu.

Namun itu tak menghentikan spekulasi seputar masa depan Guardiola, yang kini semakin dipanaskan oleh penurunan performa The Citizens, yang tertinggal 11 poin dari Liverpool dalam perburuan gelar juara Premier League musim ini.

Pulang ke Barcelona kini menjadi peluang, dengan Valenti mengakui bahwa anaknya bisa saja kembali ke Camp Nou, namun sang ayah mengaku tidak memegang kendali apapun atas hal tersebut.

"Itu bisa saja terjadi, bahwa dia kembali ke Barcelona, namun itu adalah untuk melatih," ucap Valenti kepada para reporter, dikutip dari Goal. "Sejak dia meninggalkan rumah, dia selalu membuat keputusannya sendiri. Saya tidak pernah menyarankannya apapun."

Artikel Tag: Pep Guardiola, Barcelona, Manchester City

773  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini