Guardiola dan Jurgen Klopp, Siapa yang Lebih Baik? Ini Jawaban Mario Gotze

Penulis: Febrian Kusuma
Jumat 08 Jul 2022, 10:00 WIB
Mario Gotze

Mario Gotze (Sumber: Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: Mario Gotze adalah salah satu pemain yang cukup beruntung, karena ia pernah dilatih oleh dua pelatih terbaik dunia sekaligus, yakni Jurgen Klopp dan Pep Guardiola. Namun, siapa yang lebih baik di antara keduanya?

Mario Gotze mulai mencuri perhatian saat bermain di bawah kepelatihan Jurgen Klopp pada tahun 2009 silam. Ia juga menjadi salah satu pemain kunci dibalik keberhasilan Die Borussian memenangkan dua gelar Bundesliga secara beruntun, masing-masing pada musim 2010/11 dan 2011/12 silam.

Selepas tampil mengesankan bersama Dortmund, Gotze yang keluar sebagai pahlawan Timnas Jerman di Piala Dunia 2014 itu bergabung bersama Bayern Munich di bawah kepelatihan Pep Guardiola, tepatnya mulai musim panas 2013 silam. Di klub Bavarian itu ia membuat 114 penampilan, memenangkan tiga gelar liga berturut-turut dan tiga piala domestik.

“Setiap pelatih memiliki kekuatan dan filosofinya masing-masing, tetapi dari sudut pandang saya Jurgen Klopp melakukan yang terbaik di bidang manajemen, tim, staf, seluruh klub memimpin yang terbaik,” ungkap Gotze kepada BILD.

Gotze yang dianggap gagal berkembang bersama Bayern, akhirnya kembali ke Borussia Dortmund pada musim panas 2016 yang lalu di bawah kepelatihan Thomas Tuchel. Akan tetapi, aksi-aksinya di lapangan hijau sudah tak lagi mengesankan seperti periode pertamanya bersama Die Borussian, sehingga ia kemudian harus rela pindah ke PSV Eindhoven pada musim panas 2020 untuk mengembalikan potensi permainan terbaiknya.

Pada musim panas tahun ini Mario Gotze kembali ke Jerman, namun dengan memperkuat Eintracht Frankfurt.

Artikel Tag: Mario Gotze, Jurgen Klopp, Pep Guardiola

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/guardiola-dan-jurgen-klopp-siapa-yang-lebih-baik-ini-jawaban-mario-gotze
1607  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini