Graeme Souness Ragu Declan Rice Bisa Jadi Gelandang Kelas Dunia

Penulis: Fery Andriyansyah
Senin 14 Agu 2023, 01:30 WIB
Declan Rice merupakan pemain termahal sepanjang sejarah Arsenal

Declan Rice merupakan pemain termahal sepanjang sejarah Arsenal. (Foto: Julian Finney/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Graeme Souness mengatakan Declan Rice dapat menjadi 'pemain besar' di Arsenal, namun meragukan bahwa sang pemain akan menjadi salah satu 'gelandang hebat dalam sepak bola dunia'.

Declan Rice membuat penampilan pertamanya di Premier League untuk The Gunners pada Sabtu (12/8) malam WIB saat tim asuhan Mikel Arteta mengawali musim baru dengan kemenangan, mengalahkan Nottingham Forest 2-1 di Emirates Stadium.

Arsenal menghabiskan lebih dari 100 juta pound sterling untuk merekrut Rice dari West Ham United pada awal musim panas, menjadikan pemain Inggris itu sebagai salah satu pembelian termahal dalam sejarah Premier League.

Graeme Souness yakin Rice dapat membenarkan label harganya dengan menjadi bintang Arsenal selama satu dekade ke depan, namun mengatakan bahwa dia perlu menambahkan lebih banyak hal dalam permainannya untuk dapat dianggap sebagai 'gelandang kelas dunia'.

"Apakah Declan Rice adalah pemain yang hebat? Belum, tapi dia bisa saja, jika dia bisa meningkatkan dua aspek yang sangat penting untuk menjadi gelandang kelas dunia," tulis Souness dalam sebuah kolom di Daily Mail.

"Pertama, dia harus mencetak lebih banyak gol. Kedua, ia harus membuat umpan-umpan manis dan cerdas ke depan untuk menciptakan peluang bagi pemain lain, alih-alih puas bermain di kotak penalti dan aman. Sayangnya, saya tidak yakin itu adalah kualitas yang bisa dilatih.

"Sejauh ini di Premier League, Rice rata-rata mencetak kurang dari dua gol dalam satu musim dan kurang dari dua assist dalam satu musim. Dia mampu mendapatkan lebih banyak, terutama sekarang dia berada di antara para pemain yang lebih baik, tetapi saya pikir itu mungkin masalah pola pikir. Dia tampak senang melakukan tugas-tugas defensifnya, yang dia lakukan dengan sangat baik, tetapi itu hanya satu bagian dari menjadi pemain lini tengah.

"Arsenal, dibandingkan dengan West Ham, akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyerang dan di sepertiga akhir. Rice akan berpatroli di area 25 yard dari gawang. Ketika ia mendapatkan bola, dengan kondisi lapangan saat ini, ia harus melepaskan bola dari kakinya dan mencetak gol.

"Ia seharusnya berpikir, 'saya cukup bagus untuk membuat kiper bekerja keras dari sini'. Dia tidak cukup melakukan hal itu. Itu adalah hal yang jelas harus ia tingkatkan. Itu kembali pada apa yang saya katakan tentang pola pikirnya.

"Biaya transfer 100 juta pound sterling adalah jumlah uang yang luar biasa, tetapi saya yakin dia akan mengatasinya. Anda juga harus memperhitungkan masa depannya. Dia bisa menjadi pemain besar untuk Arsenal selama satu dekade ke depan, jika dia bisa menghindari cedera serius."

Artikel Tag: Graeme Souness, declan rice, Arsenal

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/graeme-souness-ragu-declan-rice-bisa-jadi-gelandang-kelas-dunia
547  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini