Gilberto Silva Klaim Arsenal Belum Temukan Pengganti Dirinya

Penulis: Fery Andriyansyah
Rabu 26 Feb 2020, 09:30 WIB
Gilberto Silva Klaim Arsenal Belum Temukan Pengganti Dirinya

Gilberto Silva (kiri) dan Patrick Vieira. (Foto: Getty Images)

Berita Liga Inggris: Gelandang bertahan terbaik Arsenal, Gilberto Silva, mengakui bahwa The Gunners belum menemukan seseorang yang dapat mengisi puzzle yang hilang sejak dia meninggalkan klub pada 2008.

Kembali pada musim 2003-04, Arsene Wenger memimpin Arsenal untuk menjuarai Premier League dengan rekor tidak terkalahkan selama satu musim penuh. Skuat 'The Invincibles' kala itu diisi oleh pemain mentereng di setiap posisinya, dan ada Gilberto dan Patrick Vieira yang mengawal lini tengah Meriam London.

Namun, sebagian besar orang mungkin akan sepakat bahwa itu adalah kesuksesan terbesar terakhir Arsenal. The Gunners tidak mampu menantang gelar Premier League lagi dan hanya merebut empat gelar Piala FA dan empat Community Shield setelah itu.

Mereka juga tidak lagi memiliki pemain tangguh di lini tengah sebagaimana Gilberto. Alex Song sempat digadang-gadang bisa menjadi penerus Gilberto, tetapi karena pembangunan Emirates Stadium, Arsenal terpaksa menjual Song ke Barcelona pada 2012.

Setelah itu muncul nama Francis Coquelin yang mendampingi kreativitas Santi Cazorla, pemain yang dipulangkan lebih cepat dari masa peminjamannya bersama Charlton Athletic pada Desember 2014 karena krisis pemain yang melanda The Gunners. Namun ketangguhan Coquelin hilang bersamaan dengan cedera yang diderita Cazorla, dan dia akhirnya hijrah ke Valencia pada 2018.

Arsenal sekarang punya Lucas Torreira dan Granit Xhaka yang condong dengan posisi itu, tetapi Gilberto merasa The Gunners belum memiliki gelandang dengan kerja sama yang hebat sebagaimana dirinya dan Viera.

"Sangat menyenangkan ketika orang berbicara tentang saya dan mengingat saya," ujar Gilberto kepada Planet Football. "Tentu saja, saya tidak terlalu bangga dengan anggapan bahwa mereka tidak pernah menemukan pengganti saya. Tetapi saya merasa bangga karena orang-orang berpikir tentang saya secara positif, terlepas dari kenyataan bahwa sudah lama sejak saya meninggalkan klub.

"Tapi, Anda tahu, dari apa yang saya lihat selama beberapa tahun terakhir, itu benar, karena saya dan Patrick Vieira khususnya memiliki kerja sama yang hebat dan saya belum melihat Arsenal menemukan pengganti ini.

"Saya pikir itu cukup menyakitkan bagi tim karena tidak memiliki stabilitas di posisi ini. Mereka telah mengeluarkan banyak uang, tetapi saya berharap pada suatu saat mereka menemukan seseorang yang dapat mengisi kekosongan tersebut."

Selama memperkuat Arsenal antara 2002 dan 2008, Gilberto membantu klub London utara itu memenangkan satu gelar Premier League, dua Piala FA, dan dua Community Shield. Pemenang Piala Dunia 2002 bersama Brasil itu secara resmi mengumumkan gantung sepatu pada 2015.

Artikel Tag: Gilberto Silva, Patrick Vieira, Arsenal

1300  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini