Gerard Pique Klaim Italia Punya Keuntungan dalam Adu Penalti

Penulis: Rei Darius
Rabu 14 Jul 2021, 13:45 WIB
Italia diuntungkan sebagai penendang penalti pertama, klaim Gerard Pique.

Italia juara setelah menjadi penendang pertama dalam adu penalti (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Bek tengah Barcelona, Gerard Pique, tim nasional Italia menang secara pantas pada sesi adu penalti, namun ada keuntungan yang mereka miliki sebagai penendang pertama.

Azzurri mengulang kesuksesannya meraih kemenangan di adu penalti, ketika menundukkan Inggris di partai final Piala Eropa 2020, setelah mengalahkan Spanyol pada babak semifinal.

Gerard Pique sudah pernah mengutarakan bahwa Italia punya keuntungan dalam sesi adu penalti saat mengalahkan Spanyol, karena penendang pertama kerap kali keluar sebagai pemenang.

Azzurri juga menjadi penendang pertama ketika mengalahkan Inggris, dan Pique menekankan kembali bahwa itu menjadi keuntungan bagi mereka, meskipun memuji tim asuhan Roberto Mancini karena telah memenangkan trofi secara pantas.

"Italia memenangkan Piala Eropa 2020 secara pantas, selamat Azzurri. Tim terbaik di sepanjang kompetisi ini," kata Pique dalam media sosialnya di Twitter.

"Tentu saja, fakta bahwa mereka menjadi penendang pertama ikut membantu mereka lagi. Itu membolehkan mereka untuk gagal, sama seperti Spanyol, dan masih tetap hidup dalam adu penalti!"

La Furia Roja juga memenangkan adu penalti pada babak perempat final kontra Swiss dengan muncul sebagai penendang pertama. Meskipun Sergio Busquets gagal melaksanakan tugasnya sebagai algojo perdana, namun Unai Simon sukses menggagalkan tiga penalti Swiss.

Isu ini sebenarnya sudah lama dibahas oleh para pembuat aturan, dan sempat pula diusulkan agar sesi adu penalti menggunakan format penendang ABBA. Itu sudah diuji coba pada level-level junior, namun belum dipakai untuk turnamen besar.

Artikel Tag: Gerard Pique, Italia, Spanyol, Inggris, Piala Eropa 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/gerard-pique-klaim-italia-punya-keuntungan-dalam-adu-penalti
923  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini