Gara-Gara Tiket, La Liga Jadi Kompetisi yang Tertinggal di Eropa

Penulis: Febrian Kusuma
Minggu 01 Jan 2023, 22:00 WIB
La Liga

Camp Nou (Sumber: canberratimes.com)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Spanyol: La Liga ingin meningkatkan daya saing kompetisi mereka agar selevel dengan Liga Premier Inggris, yang disebut-sebut sebagai kompetisi paling bergengsi di Eropa, dan bahkan dunia. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang membuat kompetisi kasta tertinggi Spanyol itu sulit menyaingi Liga Premier.

Masalah pertama adalah soal jadwal pertandingan, yang mana La Liga masih sering memainkan laga di hari kerja, belum lagi adanya beberapa perubahan jadwal pertandingan yang secara tiba-tiba, hingga membuat kompetisi tersebut kehilangan daya tarik. Selain itu, tingginya harga tiket pertandingan juga menjadi salah satu faktor penting yang membuat kompetisi ini masih sulit menyaingi Liga Inggris.

Menurut Barcelona International University of Catalonia, tiket pertandingan sepakbola di Spanyol menjadi yang termahal di Eropa. Tiket di Spanyol setara dengan 4% dari gaji rata-rata para pekerja di sana, sedangkan di negara Eropa lainnya harga tiket tidak mencapai 2,5% dari gaji rata-rata. Akan tetapi, presiden La Liga, Javier Tebas, tidak sepakat dengan anggapan bahwa mahalnya harga ikut memengaruhi penurunan daya tarik kompetisi.

“Hari ini Anda memiliki akses ke sepak bola tidak hanya melalui stadion. Anda bisa mengaksesnya di televisi, melalui jejaring sosial, atau dari berbagai media lainnya. Ini sangat berbeda dengan apa yang terjadi 10-12 tahun lalu. Dan soal harga tiketnya, menurut saya itu hanya mitos,” ucap Javier Tebas kepada Marca.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan mengapa harga tiket sepakbola di Jerman lebih murah ketimbang di Spanyol.

“Jika Anda melihat dari pendapatan klub Spanyol, Anda akan mengetahui bahwa pendapatan dari tiket musiman menurun, meskipun faktanya lebih banyak orang pergi ke stadion. Memang benar di Jerman mereka memenuhi stadion, tapi cara mereka menonton pertandingan juga berbeda,”

“Di Jerman, mereka pergi dua jam sebelum laga dimulai dan kemudian tinggal di sana selama satu jam setelah pertandingan berakhir, dan itu memungkinkan klub memperoleh pendapatan di luar biaya tiket, karena fans menghabiskan lebih banyak uang di lingkungan stadion. Itulah yang memungkinkan mereka untuk menurunkan harga tiket,” lanjutnya.

Dikutip dari laman Football Espana, saat ini harga rata-rata tiket di Spanyol mencapai 68.79 euro, menjadi yang tertinggi di Eropa, diikuti oleh harga rata-rata tiket di Italia sebesar 60 euro, kemudian Inggris 58 euro, Bundesliga 53 euro, dan Prancis 42 euro.

Artikel Tag: La Liga, Javier Tebas

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/gara-gara-tiket-la-liga-jadi-kompetisi-yang-tertinggal-di-eropa
611  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini