Gagal Juara Piala AFF, Timnas Indonesia Pulang Dengan Kepala Tegak

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 01 Jan 2022, 21:36 WIB
Laga timnas Indonesia kontra Thailand di leg kedua final Piala AFF

Laga timnas Indonesia kontra Thailand di leg kedua final Piala AFF/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Piala AFF: Timnas Indonesia dipastikan kembali gagal merengkuh trofi juara Piala AFF 2020, setelah di final leg kedua hanya mampu bermain imbang 2-2 kontra Thailand. Skuat Garuda takluk dengan agregat 6-2.

Bertanding di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1) malam WIB, timnas Indonesia sebenarnya mengawali pertandingan dengan cukup baik. Tim asuhan Shin Tae-yong itu mampu mencetak gol cepat pada menit ke-7' lewat tendangan dari luar kotak penalti Ricky Kambuaya.

Gol itu mampu mengangkat kepercayaan diri Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan yang terus berupaya untuk mencari gol tambahan. Apalagi mereka butuh kemenangan minimal 5-0 untuk dapat keluar sebagai juara.

Thailand yang tersentak atas gol cepat timnas Indonesia coba memberikan balasan lewat aksi Teerasil Dangda yang masih mampu diamakan lini pertahanan skuat Garuda.

Di babak pertama ini, timnas Indonesia tampil cukup baik, pergerakan Pratama Arhan dari sisi kiri kerap merepotkan lini pertahanan tim lawan. Namun, kurang tajamnya finishing akhir membuat sejumlah peluang yang didapat gagal berbuah gol.

Di sisi lain, tim lawan juga mampu mulai mengembangkan permainan dan mengancam gawang Nadeo Argawinata. Beruntung, kiper yang memperkuat Bali United tampil baik di bawah mistar. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk skuat Garuda.

Keluar dari kamar ganti, Thailand langsung melakukan tiga pergantian pemain. Hal itu langsung membuahkan hasil ketika pemain pengganti Adisak Kraison mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-54', dia memanfaatkan bola muntah hasil tendangan rekannya, skor 1-1.

Hanya berselang dua menit kemudian, pemain pengganti lainnya, Sarach Yooyen kembali mengoyak gawang timnas Indonesia untuk membawa timnya berbalik unggul 2-1.

Kondisi itu kemudian membuat Shin Tae-yong melakukan pergantian dengan menarik Dedik Setiawan dan Ramai Rumakiek untuk digantikan Hanis Shagara dan Irfan Jaya. Selanjutnya, dia menarik Rachmat Irianto untuk memasukkan Evan Dimas.

Upaya anak-anak Garuda untuk mencetak gol penyeimbang akhirnya didapat pada menit ke-80' lewat seorang Egy Maulana Vikri. Sayang, gol itu tak cukup bagi timnas Indonesia untuk membawa pulang trofi Piala AFF 2020. Skuat Garuda kembali harus puas sebagai runner up.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Piala AFF, Shin Tae-Yong, thailand

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/gagal-juara-piala-aff-timnas-indonesia-pulang-dengan-kepala-tegak
628  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini