Eredivisie 2019/20 Berakhir Usai Belanda Umumkan Lockdown Diperpanjang

Penulis: Demos Why
Rabu 22 Apr 2020, 16:07 WIB
Eredivisie 2019/20 Berakhir Usai Belanda Umumkan Lockdown Diperpanjang

Ajax Amsterdam saat menjadi juara Eredivisie 2018/19 (Foto: KNVB)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Belanda: Kompetisi tertinggi sepakbola Belanda, Eredivisie, untuk musim 2019/20 dipastikan tidak bisa dituntaskan hingga akhir. Hal itu tak terlepas dari keputusan pemerintah Belanda yang memperpanjang masa lockdown hingga 1 September mendatang.

Melalui Perdana Menteri, Mark Rutte, pemerintah Kerajaan Belanda akhirnya memutuskan untuk memperpanjang masa lockdown akibat pandemi virus corona hingga 1 September mendatang. Artinya segala kegiatan yang berpotensi untuk mengumpulkan massa dalam jumlah yang banyak seperti pertandingan sepakbola dilarang untuk digelar.

Pemerintah Belanda sendiri sebelumnya hanya memberlakukan kebijakan karantina wilayah hingga 1 Juni, akan tetapi kebijakan itu terpaksa diperpanjang usai penyebaran virus corona hingga saat ini belum menunjukkan tanda-tanda penurunan secara signifikan. Hingga kini Covid-19 tercatat telah menginfeksi 34.134 orang di negara tersebut dan menewaskan 3.916 jiwa.

"Untuk saat ini langkah terbaik adalah menentukan sikap daripada menyesal di kemudian hari," ujar Rutte dikutip dari Goal.

"Saya mengakui bahwa kita bisa saja melangkah lebih jauh lagi, namun hal itu terlalu berisiko dan berbahaya. Saat ini ada sedikit peningkatan data, namun jika kami longgarkan aturan maka penyebaran virus itu akan kembali memuncak."

"Sungguh, ini merupakan langkah yang sebenarnya tak ingin kami lakukan."

Di sisi lain Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) yang semula berencana ingin melanjutkan kompetisi pada 19 Juni mendatang tanpa penonton, namun kali ini mereka menyatakan tak mungkin lagi melakukan hal itu lantaran terbentur aturan pemerintah.

"Hingga tanggal 1 September, tak ada pertandingan sepakbola profesional yang bisa digelar meski tanpa penonton," tulis pernyataan resmi KNVB.

"Untuk itu, dewan sepakbola profesional memutuskan untuk tak melanjutkan kompetisi musim 2019/20. Menilik keputusan yang pemerintah pada hari in, pihak KNVB telah melakukan konsultasi dengan UEFA dan setelahnya sudah ada keputusan yang dapat dikonfirmasi."

"Di waktu yang lain, semua klub akan melakukan pertemuan guna membahas konsekuensi terkait keputusan tersebut."

Artikel Tag: Eredivisie, Eredivisie 2019/20, Virus Corona

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/eredivisie-201920-berakhir-usai-belanda-umumkan-lockdown-diperpanjang
1351  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini