Eks Arsitek Borussia Dortmund Ungkap Mengapa Striker Gaek Dominan di Eropa

Penulis: Febrian Kusuma
Sabtu 12 Sep 2020, 10:00 WIB
Eks Pelatih Borussia Dortmund Ungkap Alasan Dominasi Striker Gaek di Eropa

Ciro Immobile dan Robert Lewandowski

Berita Liga Jerman: Mantan pelatih Borussia Dortmund, Thomas Doll yang pernah bermain di Bundesliga dan Serie A menjelaskan alasan di balik fenomena banyaknya striker gaek yang mendominasi perolehan Sepatu Emas Eropa.

Hal itu ia ungkapkan setelah Ciro Immobile, yang kini telah berusia 30 tahun memenangkan Sepatu Emas Eropa berkat 36 golnya di Serie A untuk Lazio. Sementara itu, striker gaek Bayern Munich yang telah berusia 32 tahun, Robert Lewandowski menjadi pemain tersubur di Eropa dengan koleksi total 55 gol di semua kompetisi.

Di sisi lain, pemain veteran seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Jamie Vardy, serta Pierre-Emerick Aubameyang, yang telah berusia 30 tahun lebih juga masuk dalam daftar 10 besar top skor Eropa.

“Perawatan medis, persiapan pelatihan, desain pelatihan telah berubah total dalam 10 tahun terakhir,” kata Thomas Doll, dilansir Bild.

“Nilai plus dari striker yang lebih tua adalah ketenangan mereka dalam menyelesaikan peluang. Mereka telah mengalami banyak pasang surut dalam karir mereka, dan tidak lagi membuat diri mereka gila jika gagal mencetak dua gol di pertandingan berturut-turut, atau ketika ada berita negatif tentang mereka di surat kabar.”

“Mereka hanya membalik halaman, sementara pemain yang lebih muda berhenti dan bertanya-tanya apakah dia dalam krisis,” pungkasnya.

Ciro Immobile kini berstatus sebagai legenda Lazio, setelah ia berhasil mencetak 125 gol dari 178 penampilannya dalam empat musim terakhir.

Sementara Robert Lewandowski, yang sempat menjadi andalan Borussia Dortmund, kini juga berstatus sebagai legenda Bayern Munich, terlebih ia berhasil menjadi pemain penting Die Bavarian dalam meraih treble winner di musim 2019/20 kali ini.

Artikel Tag: Borussia Dortmund, thomas doll, Ciro Immobile, Robert Lewandowski

1482  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini