Eddie Howe Mundur Dari Bangku Pelatih Bournemouth dengan Kesepakatan Bersama

Penulis: Ananda Barezilla
Minggu 02 Agu 2020, 18:00 WIB
Eddie Howe Mundur Dari Bangku Pelatih Bournemouth dengan Kesepakatan Bersama

Eddie Howe (Foto: Getty)

Berita Liga Inggris: Eddie Howe resmi mundur dari jabatannya sebagai manajer Bournemouth setelah klub yang ditukanginya selama 8 tahun ini degradasi ke Championship musim depan.

Kemenangan 3-1 di laga terakhir Premier League melawan Everton pada Minggu (26/7) WIB lalu tak mampu menyelamatkan Bournemouth dari jerat degradasi. The Cherries, yang mengoleksi 34 poin, hanya berjarak 1 poin dari zona aman yang ditempati oleh Aston Villa yang mengoleksi 35 poin.

Turunnya Bournemouth ke divisi dua Liga Inggris itu sekaligus mengakhiri 5 tahun perjalanan klub yang bermarkas di Stadion Vitality ini di Premier League.

Bagi sang pelatih, Eddie Howe, ini adalah tahun kedelapannya menjabat sebagai manajer Bournemouth. Dan kini, setelah membantu Bournemouth dari League Two (kasta ke-4 liga Inggris) naik ke Premier League—dan terpaks harus kembali degradasi ke Championship musim ini, Howe memutuskan untuk berpisah dengan Bournemouth dalam kesepakatan bersama.

Howe juga menulis surat terbuka kepada fans, yang dilansir dari situs resmi Bournemouth. Meski keputusan tersebut sang berat, Howe mengatakan bahwa ini adalah saat yang tepat untuk membuat perubahan, baik bagi Howe sendiri, maupun bagi Bournemouth.

"Setelah menghabiskan total 25 tahun dengan klub sebagai pemain dan manajer, keputusan ini - dibuat bersama dengan klub - adalah salah satu yang paling sulit yang pernah saya buat," tulis Howe dalam surat terbukanya.

"Namun, meski begitu kasih sayang dan cinta yang saya miliki untuk klub ini akan selalu tetap. Kami merasa bahwa sekarang adalah waktu yang tepat bagi klub untuk pergi ke arah yang baru," lanjutnya.

"Bournemouth akan selalu ada di hati saya, tetapi saya sangat yakin bahwa sekarang adalah waktu yang tepat bagi klub untuk melakukan perubahan.

"Saya selalu memastikan bahwa setiap keputusan yang pernah saya buat sebagai manajer adalah demi kepentingan terbaik klub dan pendukungnya, dan ini [keputusan mundur sebagai manajer] juga begitu," tutupnya.

Howe sempat ditunjuk sebagai caretaker Bournemouth pada Desember tahun 2008, dengan klub berada di posisi terbawah di League Two dan memulai musim dengan minus 17 poin. Lalu ditunjuk kembali pada 2012 sebagai manajer dan membawa Bournemouth menuju Premier League hanya dalam waktu tiga tahun.

Artikel Tag: Eddie Howe, Bournemouth, Premier League

601  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini