Duel Serbia vs Swiss Kembali Sengit, Granit Xhaka Bantah Ejek Tim Lawan

Penulis: Fery Andriyansyah
Sabtu 03 Des 2022, 16:00 WIB
Kapten Swiss, Granit Xhaka, memberikan gestur ke arah bangku cadangan Serbia

Kapten Swiss, Granit Xhaka, memberikan gestur ke arah bangku cadangan Serbia. (Foto: Francois Nel/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Kapten Swiss, Granit Xhaka, membantah klaim bahwa ia berusaha untuk mengejek tim Serbia meskipun tayangan ulang menunjukkan gelandang tersebut melakukan gerakan ofensif ke arah bangku cadangan.

Kedua negara bertemu untuk pertandingan terakhir di Grup G Piala Dunia 2022 pada Sabtu (3/12) dini hari WIB, di mana Swiss muncul sebagai pemenang dengan skor akhir 3-2. Rossocrociati pun membukukan tempat mereka di babak 16 besar sebagai runner-up di bawah Brasil.

Pertandingan itu penuh dengan kontroversi karena Granit Xhaka dan rekan setimnya Xherdan Shaqiri, yang memiliki sejarah memusuhi tim Serbia, sama-sama kedapatan melakukan gestur selama pertandingan.

Gelandang Arsenal itu memicu reaksi marah dari ruang istirahat Serbia pada pertengahan babak kedua. Dia seperti melontarkan kata-kata sebelum memegang area selangkangannya ke arah bangku cadangan.

Bisa jadi itu adalah ejekan untuk kiper kedua Serbia, Predrag Rajkovic. Seperti diketahui, beberapa hari lalu, media lokal di sana sempat menebar berita kalau istri Rajkovic berselingkuh dengan Dusan Vlahovic.

Merefleksikan insiden tersebut dalam wawancara setelah pertandingan, Granit Xhaka menegaskan bahwa itu adalah momen 'emosi' dan dia hanya ingin 'fokus pada sepak bola'.

"Anda dapat mendengar dari suara saya bahwa saya serak. Ini adalah pertandingan dengan banyak emosi. Itulah sepak bola. Itu cukup adil. Kami ingin fokus pada sepak bola," kata gelandang Arsenal, seperti dikutip dari Daily Mail.

Manajer Swiss Murat Yakin setuju dengan komentar tersebut, mengatakan: "Saya melihat Granit fokus pada sepak bola. Itu adalah pertandingan yang adil. Itu adalah pertemuan normal dengan sedikit emosi. Kami kehilangan banyak kekuatan dan banyak emosi. Kami memulai dengan baik, memimpin tetapi kemudian kami kehilangan penguasaan bola dua kali dan tertinggal."

Xhaka memiliki sejarah konflik dengan timnas Serbia setelah dia dan Shaqiri memainkan simbol nasionalis Albania berupa elang berkepala dua dengan tangan mereka saat Swiss menang 2-1 atas Serbia di Piala Dunia 2018.

Kedua pemain didenda 8.700 pound sterling atas tindakan tersebut sebagaimana FIFA menyebutnya sebagai 'perilaku tidak sportif yang bertentangan dengan prinsip fair-play'.

Artikel Tag: Granit Xhaka, Arsenal, Timnas Swiss, Timnas Serbia, Piala Dunia 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/duel-serbia-vs-swiss-kembali-sengit-granit-xhaka-bantah-ejek-tim-lawan
755  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini