Drama Lima Gol di Signal Iduna Park Berakhir Manis bagi Dortmund

Penulis: Degha Mulia
Minggu 09 Mei 2021, 21:15 WIB
Gol dari Jadon Sancho di penghujung laga mengunci kemenangan Dortmund atas Leipzig

Selebrasi gol Jadon Sancho dan rekan-rekannya di laga kontra Leipzig (Foto: Reuters)

Berita Liga Jerman: Pekan ke-32 Bundesliga menyuguhkan big match yang mempertemukan Dortmund dengan RB Leipzig dalam laga yang digelar di Signal Iduna Park.

Kedua tim melakoni laga ini dengan membawa ambisi yang berbeda. Tim tuan rumah menjamu Leipzig  dengan membawa ambisi masuk ke posisi empat besar klasemen Bundesliga. Sementara, tim tamu datang dengan mengusung target meraih poin penuh untuk menjaga peluang dalam perburuan gelar juara Bundesliga musim ini.

Kedua tim pun menjalani laga ini dengan dengan dilanda kabar yang kurang baik bagi masing-masing tim. Skuad Die Borussen tampil tanpa diperkuat penyerang tengah murni mengingat Haaland masih harus menepi akibar cedera otot. Di lain pihak, Leipzig dipastikan akan kehilangan Julian Nagelsmann di akhir musim nanti menyusul kabar diresmikannya sang pelatih sebagai manajer baru di Bayern Munich mulai musim depan.

Tim tamu menjadi yang lebih dulu mendapat kesempatan untuk mengubah papan skor melalui Hwang Hee-Chan. Hwang mendapat peluang emas setelah berada dalam posisi satu lawan satu dengan Marwin Hitz. Namun, Hitz dengan sigap menghalau usaha dari Hwang sehingga kesempatan tim tamu untuk mencuri gol lebih dulu sirna.

Meski tim tamu yang mendapat peluang lebih dulu, tim tuan rumah menjadi yang lebih dulu unggul melalui gol yang dicetak oleh Marco Reus saat laga baru berjalan tujuh menit. Marco Reus melakukan gerakan dummy menyambut umpan dari Lukasz Piszczek. Thorgan Hazard yang menerima umpan tersebut mengirimkan umpan terobosan kepada Reus yang berlari untuk mencari ruang sebelum melesatkan tendangan yang membuat bola bersarang di gawang tim tamu yang dikawal oleh Peter Gulacsi.

Tim tuan rumah mendapat beberapa peluang untuk menggandakan keunggulan. Pertama melalui sepakan Hazard di area kotak penalti yang masih diantisipasi oleh Gulacsi. Kemudian, Jadon Sancho nyaris menambah keunggulan timnya setelah bola hasil sepakannya melebar tipis dari gawang tim tamu.

Memasuki babak kedua, Edin Terzic melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Roman Burki menggantikan Hitz yang menderita cedera. Skuad asuhan Nagelsmann nyaris memperkecil ketertinggalan di awal babak kedua melalui tendangan dari Marcel Sabitzer yang masih dapat dihalau oleh Burki.

Dortmund justru berhasil menggandakan keunggulannya saat laga memasuki menit ke-57. Sancho yang menerima umpan dari Raphael Guerreiro melakukan gerakan cut inside sebelum melesatkan tendangan yang membuat bola bersarang di pojok gawang Gulacsi.

Leipzig berhasil memperkecil kedudukan di menit 63 melalui sundulan Lukas Klostermann menyambut eksekusi sepak pojok dari Emil Forsberg. Tim tamu menyamakan kedudukan di menit 77 melalui ketenangan Dani Olmo dalam menuntaskan crossing dari Hwang.

Sancho akhirnya memastikan kemenangan tim tuan rumah setelah mencetak gol keduanya tiga menit sebelum waktu normal berakhir. Laga berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan tim tuan rumah. Hasil ini membawa Dortmund naik ke posisi empat klasemen dengan perolehan 58 poin. Hasil di laga ini juga membuat Leipzig harus merelakan gelar juara Bundesliga musim ini kepada Bayern Munich.

Artikel Tag: Dortmund, Bundesliga, rb leipzig

578  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini