Derby Jatim Jadi Milik Persebaya, Rekor Tak Terkalahkan Arema FC Putus

Penulis: Dayat Huri
Kamis 24 Feb 2022, 01:00 WIB
Derby Jatim antara Persebaya Surabaya kontra Arema FC

Derby Jatim antara Persebaya Surabaya kontra Arema FC/foto dok Persebaya Surabaya

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Derby Jatim pada pekan ke-27 Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 jadi milik Persebaya Surabaya, tim berjuluk Bajul Ijo itu sukses memetik kemenangan 1-0 atas Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (23/2).

Kemenangan itu membuka kembali peluang Persebaya Surabaya untuk terus bersaing di papan atas. Meski masih tertahan di peringkat lima, koleksi 51 poin yang sudah mereka kumpulkan kini hanya terpaut dua angka dari Bhayangkara FC di posisi puncak.

Sementara untuk Arema FC, kekalahan itu membuat posisi mereka di puncak klasemen sementara Liga 1 2021/2022 rawan tergusur oleh tim-tim di bawahnya, seperti Bali United, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC yang belum memainkan pertandingan pekan ke-27.

Sama-sama mengincar poin penuh di Deby Jatim jilid kali ini, kedua tim justru memilih bermain cukup hati-hati sejak awal. Absennya beberapa pemain pilar dari kedua juga berpengaruh terhadap intensitas laga.

Kondisi itu semakin diperparah dengan cedera yang dialami beberapa pemain di awal laga. Arema FC harus menarik keluar Hamzah Titofani di menit ke-13' karena cedera dan digantikan Dendi Santoso.

Persebaya Surabaya juga mengalami situasi yang kurang lebih sama, Ricky Kambuaya mengalami masalah dan harus ditarik keluar pada menit ke-35'. Tempatnya digantikan Rachmat Irianto.

Singo Edan sendiri sebenarnya sempat membobol gawang Ernando Ari pada menit ke-36'. Sayang, gol itu dianulir wasit karena posisi M Rafli dinilai sudah dalam posisi offside. Skor kacamata pun menutup babak pertama.

Keluar dari kamar ganti, sejumlah perubahan coba dilakukan kedua pelatih untuk meningkatkan intensitas serangan. Arema FC terlihat lebih dominan dalam hal penguasaan bola di menit-menit awal babak kedua.

Diantara pergantian yang dilakukan Aji Santoso adalah dengan memasukkan Samsul Arif dan Muhammad Supriadi untuk menggantikan Arsenio Valpoort dan Muhammad Hidayat. Sementara Eduardo Almeida memasukkan Feby Eka Putra dan Genta Alparedo untuk menggantikan Riyan Kurnia dan Hanif Sjahbandi.

Pergantian yang dilakukan kedua pelatih terbukti mampu meningkatkan intensitas pertandingan di Derby Jatim kali ini. Pertandingan terlihat lebih terbuka dengan terciptanya sejumlah peluang.

Bajul Ijo akhirnya mampu mencetak pada menit ke-79' melalui aksi individual seorang Samsul Arif. Menerima umpan jauh dari lini pertahanan, pemain senior itu melakukan aksi individu yang kemudian diakhiri tendangan keras yang bersarang ke gawang Adilson Maringa. Persebaya Surabaya unggul di Derby Jatim 1-0.

Tersentak, Arema FC coba membalas. Peluang pun sempat didapat M Rafli. Namun Ernando Ari melakukan penyelamatan gemilang dengan menghentikan tendangan jarak dekat penyerang timnas Indonesia itu. Sampai laga berakhir, skor 1-0 tidak berubah.

Artikel Tag: derby jatim, Liga 1, Persebaya Surabaya, arema fc

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/derby-jatim-jadi-milik-persebaya-rekor-tak-terkalahkan-arema-fc-putus
1194  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini