Demonstrasi Kembali Ancam El Clasico untuk Ditunda Lagi

Penulis: Rei Darius
Selasa 10 Des 2019, 22:45 WIB
Demonstrasi Kembali Ancam El Clasico untuk Ditunda Lagi

Demonstrasi kemerdekaan Catalunya akan digelar sebelum El Clasico (Image: Marca)

Berita Liga Spanyol: Laga El Clasico jilid pertama antara Barcelona dan Real Madrid bisa jadi akan ditunda lagi untuk kedua kalinya, seiring dengan adanya rencana demonstrasi yang belum kunjung reda di Catalunya.

Laga yang akan dihelat di Camp Nou tersebut pada awalnya dijadwalkan untuk digelar pada akhir Oktober lalu, namun harus dijadwal ulang menjadi tanggal 18 Desember mendatang, seiring dengan protes besar-besaran dari rakyat Catalunya karena vonis politisi dan aktivis yang berkaitan dengan referendum Catalunya pada tahun 2017 silam.

Namun nampaknya tanggal tersebut masih belum cukup aman bagi Barca dan Madrid untuk bertanding karena adanya rencana untuk melaksanakan demonstrasi sebagaimana pernyataan yang dirilis oleh kelompok protes Catalunya bernama Tsunami Democratic. Kelompok tersebut merencanakan demonstrasi pada pukul empat sore waktu setempat, yang mana hanya terpaut empat jam dari waktu kick-off.

"Pada saat ini, sebagian besar populasi Catalunya telah menderita pengebirian ideologi. Catalunya tidak bisa mengaktifkan hak fundamental mereka tanpa menghadapi represi, ataupun mengaktifkan hak mereka untuk menentukan. Lusinan orang sedang atau pernah dipenjara hanya karena mencoba untuk mengaktifkan dan mempromosikan hak-hak ini," demikian pernyataan dari Tsunami Democratic.

Pernyataan tersebut mengacu kepada pemenjaraan sembilan orang pemimpin pro-kemerdekaan Catalunya, yang memicu turunnya banyak warga Catalunya ke jalan untuk menghentikan kriminalisasi di antara mereka.

Laga El Clasico sendiri mewakili pertengkaran di antara Catalunya dan Spanyol di lapangan sepak bola. Barcelona adalah ibu kota Catalunya, dan Madrid adalah ibu kota Spanyol, jadi pertandingan ini bukan saja sarat gengsi antara dua klub raksasa La Liga, melainkan juga agenda-agenda politik yang dibawa oleh mereka.

Artikel Tag: Barcelona, Real Madrid, El Clasico

622  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini