Dedi Kusnandar Makin Tekuni Bisnis Saat Pandemi Corona Melanda

Penulis: M. Aldi
Sabtu 06 Jun 2020, 22:30 WIB
Dedi Kusnandar Makin Tekuni Bisnis Saat Pandemi Corona Melanda

Dedi Kusnandar

Berita Liga 1 Indonesia : Upaya dilakukan pelaku sepakbola di Indonesia untuk tetap memiliki penghasilan layak saat pandemi menyerang. Bisnis di luar sepakbola pun ditekuni demi menutup gaji mereka yang dipotong 75 persen bahkan lebih.

Gelandang Persib, Dedi Kusnandar jadi salah satu pemain yang tetap berusaha membuat dapurnya tetap 'ngebul'. Sebelumnya ia memang sudah punya beberapa unit bisnis, tapi usai itu sangat terganggu karena wabah corona.

Cafe yang dia miliki di kawasan Jatinangor harus tutup karena peraturan pemerintah. Begitu pula bisnis laundry yang sedang dirintisnya. Untuk itu Dedi membuat sistem lain agar laundry milikinya bisa tetap beroperasi meski cabang ditutup.

"Kalau kemarin pemerintah minta cafe dan restoran harus tutup, tapi untuk laundry khusus pabrik, hotel. Di cabang tutup dulu, jadi cuma melayani yang khusus, delivery gitu lah. Kalau cabang tutup semua," ujar Dedi menjelaskan sistem kerja bisnis laundry dia.

Selain itu, dia juga mulai berpikir untuk bergerak di bidang lain. Kini ada usaha lain yang ssudah digarap bersama istri. "Sekarang ada bisnis baru juga sama istri, ya sambil mengisi waktu luang ya bermanfaat dan berfaedah lah," lanjut Dedi.

Pemain berusia 28 tahun itu menyadari kebutuhan masker dalam masa pandemi ini. Karena setiap orang diwajibkan memakai alat pelindung wajah demi memutus rantai penyebaran virus. Bisnis masker pun menjadi kesibukan baru Dedi.

"Jadi bisnis online juga. Sekarang kan pandemi ini diperlukan masker dan baju, jadi dari pada waktu luang hilang lebih baik diisi dengan yang bermanfaat dan menghasilkan. Jadi ya hanya restoran aja yang tutup," jelasnya.

Namun di sisi lain dia juga menyadari pandemi ini tidak bisa terus-terusan terjadi. Karena sebagai pesepakbola, psikologis dia juga terganggu. Dedi sangat rindu kembali bermain maupun berlatih bersama rekan-rekan setimnya.

Situasi pandemi menurutnya berbeda dengan ketika kompeitisi terhenti di musim 2015. "Pasti lah kangen apalagi pernah lah seperti tahun 2015, tapi kan 2015 masih bisa kumpul tapi sekarang mah kan ga bisa buat kumpul, ga bisa latihan bareng," tukasnya.

Artikel Tag: Dedi Kusnandar, Persib, Bandung

950  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini