Chelsea Jadi Klub Paling Untung Di Dunia, Real Madrid Paling Buntung

Penulis: A Mahfuda
Selasa 11 Feb 2020, 08:31 WIB
Chelsea Jadi Klub Paling Untung Di Dunia, Real Madrid Paling Buntung

Eden Hazard (Sumber: Reuters)

Berita Liga Inggris: Chelsea sukses menghasilkan laba bersih terbesar di antara seluruh klub di dunia dalam dua bursa transfer terakhir, berdasarkan data yang mereka rilis baru-baru ini.

Klub London Barat tersebut menghadapi larangan transfer musim panas lalu setelah melanggar aturan FIFA tentang perekrutan pemain muda.

Mereka hanya menghabiskan 45 juta euro (674 milyar) untuk Mateo Kovacic namun berhasil mendapatkan uang penjualan sebesar 205 euro (Rp3,08 triliun).

CIES Football Observatory menemukan bahwa di ujung yang lain skala Real Madrid adalah minus 181 juta euro (Rp2,7 triliun) dan menjadi tim paling rugi dalam urusan transfer.

Pembelian terbesar klub raksasa Spanyol tersebut yakni transfer Eden Hazard dari Chelsea musim panas lalu, dengan harga dilaporkan sebesar 100 juta euro (Rp1,5 triliun).

Yang mengherankan adalah tim anyar Premier League Aston Villa berada di urutan kedua di bawah Real Madrid dalam daftar tim dengan neraca paling negatif.

Mereka menghabiskan 172 juta euro (Rp2,57 triliun) dan hanya mendapatkan 3 juta euro (Rp44 milyar), menghasilkan saldo minus -169 juta euro (Rp2,52 triliun).

Klub Premier League memiliki defisit terbesar dari lima liga besar di Eropa, menghabiskan sebanyak 844 juta euro (Rp12,6 triliun) lebih banyak ketimbang yang mereka dapatkan. Hanya Ligue 1 yang menunjukkan keuntungan keseluruhan dengan surplus 106 juta euro (Rp1,58 triliun).

Artikel Tag: Chelsea, Real Madrid, Eden Hazard

35372  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa
Purkoni
Purkoni
12 Februari 2020 08:54
Ya gk buntung lah rel madrid klub besar dngen pemain"yg handel ges pasti nmbh kokoh apa LG di tambah reden hajard nmbh mantul
Terima kasih, balasan untuk komentar ini sedang dimoderisasi.
160 karakter tersisa