Catatan Satu Tahun Thomas Tuchel di Chelsea Dalam Angka

Penulis: A Mahfuda
Kamis 27 Jan 2022, 15:50 WIB
Satu tahun Thomas Tuchel di Chelsea (Sumber: PA Images)

Satu tahun Thomas Tuchel di Chelsea (Sumber: PA Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Chelsea merekrut Thomas Tuchel pada 26 Januari 2021 dan kedatangannya tak disangkal memberikan dampak fantastis bagi The Blues. Berikut beberapa catatan statistik menarik selama 12 bulan pelatih asal Jerman tersebut di Stamford Bridge.

Thomas Tuchel tiba ketika tim sedang terpuruk. Mereka mendekam di peringkat kesembilan di Premier League, lima poin di luar empat besar. Chelsea juga dianggap sebagai underdog kala itu di babak 16 besar Liga Champions melawan Atletico Madrid. Kendati demikian, Tuchel berhasil merombak skuat dan menanamkan ketahanan defensif yang sangat kokoh.

Itu menjadi fondasi utama kesuksesan Thomas Tuchel di London Barat hingga saat ini, membimbing mereka untuk menjadi jawara Eropa untuk kedua kalinya dalam sejarah klub, sementara dia juga membawa The Blues mencapai final Piala FA dan Piala Liga Inggris pada musim 2020-21. Dirangkum dari laman resmi Chelsea, berikut beberapa catatan statistik menarik selama satu tahun era kepemimpinan Tuchel.

- Tuchel memiliki 59,7 persentase kemenangan dari 67 pertandingan yang sudah dimainkannya sebagai manajer The Blues. Rinciannya, 40 kali menang, 18 kali imbang dan kalah 9 kali.

- Dia telah mengalahkan 27 dari 31 tim yang pernah dihadapinya, termasuk satu dalam adu penalti. Dia hanya gagal mengalahkan Brighton, Man United, West Brom dan Wolves. Tuchel paling banyak menang melawan Tottenham (5 dari 5 laga), Manchester City (3 dari 5 laga), dan Aston Villa (3 dari 4 laga).

- Eks manajer Paris Saint-Germain dan Borussia Dortmund itu dinobatkan sebagai manajer terbaik di Premier League sebanyak dua kali, yakni pada Maret dan Oktober 2021.

- Satu setengah musim di Premier League, Tuchel sudah bermain 43 pertandingan dengan mengumpulkan total 85 poin. Rinciannya, 24 kali menang, 13 kali imbang, 6 kali kalah.

- Sejak kedatangan Tuchel, The Blues kebobolan rata-rata 0,72 gol per pertandingan di liga (31 dalam 43 laga), angka itu lebih sedikit ketimbang tim-tim di Premier League lainnya.

- Tak ada yang lebih baik soal catatan clean sheet Tuchel di klub London Biru tersebut, dengan 21 kali berhasil menjaga gawang tetap bersih dalam 43 pertandingan di Premier League.

- Sejumlah medali dan penghargaan yang diraih Tuchel dalam setahun terakhir di antaranya adalah FIFA Best Men’s Coach, UEFA Mens’s Coach of the Year, German Manager of the Year, Champions League winner, Super Cup winner, FA Cup finalist, League Cup finalist.

- Tuchel sudah memilih 36 pemain berbeda, 14 di antaranya dari akademi. Antonio Rudiger menjadi pemain yang paling sering dimainkan, dilanjut Edouard Mendy, Cesar Azpilicueta, Jorginho dan Mason Mount.

- Ada 22 pemain berbeda yang mencetak gol untuk Tuchel, termasuk gol bunuh diri. Jumlah terbanyak saat ini dipegang oleh Mason Mount (13) dan Jorginho (13, semuanya penalti), disusul oleh Hakim Ziyech (10), Kai Havertz (9) dan Timo Werner (9).

- Persentase clean sheetChelsea mencapai 53,7 persen dalam 36 dari 67 pertandingan keseluruhan. Edouard Mendy berhasilclean sheet 26 kali, sementara Kepa Arrizabalaga 10 kali.

Artikel Tag: Thomas Tuchel, Chelsea

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/catatan-satu-tahun-thomas-tuchel-di-chelsea-dalam-angka
703  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini