Bukan Jose Mourinho, Ini Pelatih Terbaik versi Arjen Robben

Penulis: Febrian Kusuma
Kamis 22 Agu 2019, 09:00 WIB
Bukan Jose Mourinho, Ini Pelatih Terbaik versi Arjen Robben

Arjen Robben dan Pep Guardiola (ESPN)

Berita Liga Jerman: Arjen Robben kini telah memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola profesional. Di sepanjang kariernya dia pernah bekerja sama dengan beberapa pelatih top dunia, namun dia menilai bahwa Pep Guardiola adalah pelatih terbaik yang pernah bekerja sama dengannya.

Robben memutuskan untuk gantung sepatu di musim panas 2019 kali ini ketika usianya sudah menginjak angka 35 tahun. Namun sangat disayangkan di musim terakhirnya bersama Bayern Munich atau pada musim 2018/19, pemain asal Belanda itu gagal menunjukkan penampilan terbaiknya dan bahkan dia harus menepi sangat lama karena alasan cedera.

Bersama Bayern Munich, Robben telah berhasil mempersembahkan banyak trofi bergengsi, termasuk treble winner pada musim 2012/13 yang lalu. Selain Bayern Munich, Robben juga pernah membela beberapa klub ternama dunia lainnya seperti Real Madrid dan Chelsea, tentunya di bawah besutan para pelatih top dunia.

Namun ketika ditanya mengenai pelatih terbaik yang pernah bekerja sama dengannya, dia menyebutkan nama Guardiola. Padahal di sepanjang kariernya Robben juga pernah bekerja sama dengan pelatih semacam Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti.

“Tentu saja itu (pilihan) yang sulit. Tetapi jika anda bertanya kepada saya tentang siapa pelatih yang terbaik, saya katakan Pep Guardiola. Saya sangat menikmatinya. Dari segi sepak bola, dia sangat brilian,” kata Robben.

“Ketika Pep datang, umur saya sudah 30 tahun. Anda hanya berusaha untuk tetap konsisten dan tidak menjadi lebih buruk. Tapi di bawahnya aku menjadi lebih baik lagi. Saya tiba-tiba bermain di posisi yang berbeda di mana saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan bermain. Dia (pelatih) yang terbaik,” pungkasnya.

Artikel Tag: Arjen Robben, Pep Guardiola

1054  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini