Bukan Ancelotti, Ini Pelatih yang Cocok untuk Arsenal Menurut Alan Smith

Penulis: Fery Andriyansyah
Sabtu 14 Des 2019, 10:00 WIB
Bukan Ancelotti, Ini Pelatih yang Cocok untuk Arsenal Menurut Alan Smith

Carlo Ancelotti. (Foto: Getty Images)

Berita Liga Inggris: Mantan striker Arsenal, Alan Smith, berpikir The Gunners membutuhkan sosok pelatih inspirasional dan hal tersebut tidak terdapat dalam diri Carlo Ancelotti.

Pekerjaan Unai Emery di Emirates hanya bertahan selama 18 bulan, saat ia dipecat pada 29 November setelah mengawasi tujuh pertandingan tanpa kemenangan. Freddie Ljungberg sejak itu ditugaskan sebagai pelatih sementara, dan diyakini bahwa pria asal Swedia itu akan dipertimbangkan untuk mengisi posisi permanen jika ia dapat memicu perubahan di klub. Namun, Arsenal hanya meraih satu kemenangan dalam empat pertandingan di bawah bimbingan Ljungberg.

Sejumlah nama besar telah dikaitkan dengan pekerjaan yang kosong di Emirates, termasuk Mauricio Pochettino, Mikel Arteta dan Massimiliano Allegri. Ancelotti dianggap sebagai salah satu kandidat terkuat setelah dipecat oleh Napoli pekan ini.

Ancelotti menikmati serangkaian kesuksesan bersama Juventus, AC Milan, Chelsea, Paris Saint-Germain, Real Madrid dan Bayern Munich. Namun, Smith merasa manajer yang lebih "inovatif" diperlukan untuk memengaruhi perubahan signifikan di London utara.

Setelah menilai kelemahan Arsenal di pertahanan, Smith menulis di kolom terbarunya untuk Evening Standard: "Arsenal tidak bisa bersandar pada barisan belakang yang solid untuk saat ini, dan kurangnya ketangguhan dan organisasi membuat tugas itu jauh lebih sulit bagi pelatih baru.

"Itulah mengapa saya mengulangi keyakinan saya yang kuat bahwa situasi [membuat klub] menuntut pelatih yang inovatif dan inspirasional, seseorang yang memiliki kemampuan untuk dengan cepat menanamkan visi dan budaya yang menentukan di tempat pelatihan, kemudian mentransfer ke pertandingan dengan cara yang positif.

"Bagi saya, seseorang seperti Carlo Ancelotti akan menjadi pilihan yang salah. Sesukses apa pun manajer asal Italia itu, ia lebih merupakan manajer sekolah tua yang menstabilkan kapal melalui manajemen manusia yang cerdas.

"Kesulitan Arsenal telah bergerak lebih jauh dari itu. Dibutuhkan seorang visioner tangguh yang dapat menggenggam skuat ini dan membentuk cara bermain yang, dalam jangka pendek, akan mencapai hasil yang lebih baik dengan membuat tim lebih sulit untuk dilawan."

Smith kemudian menyatakan keyakinannya bahwa Arteta, yang memperkuat Arsenal sebagai pemain antara 2011-2016 dan sempat menjadi kapten klub, adalah sosok yang paling tepat untuk peran tersebut.

Dia menyatakan: "Saya mengatakannya minggu lalu dan saya akan mengatakannya lagi. Mikel Arteta memiliki apa yang diperlukan. Saya hanya berharap bahwa dewan Arsenal merasakan hal yang sama."

Artikel Tag: alan smith, Carlo Ancelotti, Mikel Arteta, Arsenal

1802  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini