Budiman Sebut Pemain Persib Baru Diberi Program Latihan Bulan Desember

Penulis: M. Aldi
Jumat 27 Nov 2020, 03:00 WIB
Budiman (kanan) selaku asisten pelatih Persib

Budiman (kanan) ketika berbincang dengan Yaya Sunarya dan Robert Rene Alberts (foto : Persib Officia;)

Berita Liga 1 Indonesia : Para pemain Persib masih diberi keleluasaan dalam menikmati waktu libur mereka. Dikatakan asisten pelatih tim, Budiman, Supardi dan kawan-kawan baru akan digenjot latihan pada bulan Desember nanti.

Semua pemain memang dibubarkan sementara sejak awal bulan ini karena kompetisi diputuskan tidak bergulir tahun ini. Budiman menyebut dia dan tim pelatih baru memberi program latihan untuk dijalankan mandiri bulan depan.

"Kalau sampai bulan ini belum ada, kita baru akan memulai program latihan virtual di bulan Desember. Jadi pada awal bulan mulai kasih progam untuk pemain dari Pak Yaya, dari saya dan Pak Gilang," ujarnya ketika diwawancara.

Sejauh ini, pemain memang dibebaskan dari tugas berlatih bersama tim maupun individu. Namun bukan berarti pasukan Maung Bandung boleh leluasa berleha-leha dan bisa seenaknya melupakan profesi mereka sebagai atlet.

Pemain tetap harus menjaga kondisi tapi dengan cara mereka masing-masing. "Untuk saat ini, latihan masih sendiri-sendiri. Tapi saya yakin mereka bisa menjaga kebugaran dan fisiknya," terang Budiman.

Mantan pelatih Persib U-19 itu pun terus berkoordinasi dengan sesama tim pelatih termasuk dengan Robert Rene Alberts. Pun demikian dengan para pemain dan memantau apa yang terjadi dengan pemain selama dirumahkan.

Rencana program latihan sendiri sudah dirancang oleh tim pelatih. Untuk dua pekan awal, pemain dituntut untuk bisa memulihkan endurance mereka. Nantinya setelah itu aspek lainnya akan dibenahi dan semua dilakukan lewat sesi latihan virtual.

"Komunikasi terus sama pemain dan coach Robert juga. Lalu mulai Desember anak-anak sudah dikasih tahu di dua minggu awal kita naikin untuk daya tahan dan dua minggu ke depan aerobik seminggu terakhir mulai kasih strength," tuturnya.

Jika kompetisi jadi digelar Februari 2021, maka artinya pemain Persib tidak berkompetisi hampir setahun. Terakhir mereka bertanding di liga adalah bulan Maret 2020 sebelum liga dihentikan karena pandemi. Budiman pun berharap anak asuhnya bisa cepat nyetel lagi nantinya.

"Mudah-mudahan saja semuanya bisa sesuai harapan. Kemarin yang sudah kita startnya bagus mudah-mudahan di kompetisi yang akan datang, dengan rehat cukup lama, anak-anak bisa kembali dengan performa yang lebih baik," tutup dia.

Artikel Tag: Budiman, Persib

718  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini