Bologna Vs Inter Batal, Giuseppe Marotta: Bikin Aturan itu yang Jelas!

Penulis: Demos Why
Jumat 07 Jan 2022, 07:13 WIB
CEO Inter Milan, Giuseppe Marotta.

Giuseppe Marotta. (Foto: Emilio Andreoli - Inter)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Italia: CEO Inter Milan, Giuseppe Marotta, memberikan komentar pedas setelah pertandingan kontra Bologna yang sedianya digelar dini hari tadi mendadak dibatalkan. Marotta meminta otoritas kesehatan di Italia memberikan aturan yang jelas terkait Covid-19.

Inter Milan sedianya dijadwalkan melakoni giornata ke-20 Serie A dengan tandang ke markas Bologna di Renato Dall'Ara, Kamis (6/1) malam WIB. Namun pertandingan tersebut mendadak dibatalkan karena Otoritas Kesehatan Italia (ASL) memerintahkan skuat Rossoblu agar menjalani karantina setelah delapan pemain di tim utama mereka dinyatakan positif terpapar Covid-19. Pembatalan itu sendiri diumumkan setelah Inter berada di lapangan stadion untuk melakukan pemanasan hanya beberapa menit sebelum kick-off.

Atas pembatalan secara mendadak tersebut, Inter berpeluang untuk dinyatakan menang walk over [WO] dengan skor 3-0. Namun Giuseppe Marotta tetap melontarkan kritikan pedas kepada ASL karena membatalkan pertandingan secara sepihak. Marotta juga meminta Menteri Kesehatan Italia bekerja sama dengan penyelenggara Liga Italia untuk mengatasi hal-hal yang bersifat dadakan seperti itu.

"Pertama-tama, kami ingin menegaskan tujuan semua pihak: menjaga kesehatan para pemain, fans, dan semua yang terlibat dalam sepak bola. Bologna sudah siap untuk memainkan laga ini tapi harus mengikuti keputusan yang diambil oleh ASL. Tidak ada panduan yang spesifik untuk olahraga dalam kasus seperti ini: kita membutuhkan protokol yang membatasi kewenangan ASL supaya situasi seperti ini tidak terulang," ujar Marotta dilansir dari laman resmi Inter Milan.

"Masalah mengenai protokol ini dibahas di Badan Lega melalui pernyataan resmi. Kita dihadapkan pada situasi yang membingungkan dan sulit dipahami. Ada sejumlah pertandingan yang ditunda dan ada juga yang tetap berlangsung: ini karena setiap ASL mengambil keputusan secara otonom. Jadi kita menemukan kasus seperti Bologna v Inter, yang dibatalkan, dan kasus seperti Spezia v Hellas, yang tetap berlangsung terlepas dari fakta bahwa tim tamu punya 11 pemain yang positif."

"Kita membutuhkan panduan, pembicaraan dengan pemerintah, CTS, dan kementerian. Kenyataan bahwa setiap ASL bersifat otonom dalam keputusan mereka, yang diambil demi kesehatan masyarakat, berarti bahwa ada ketimpangan antarwilayah."

Giuseppe Marotta juga berharap seluruh pemain di Liga Italia harus mendapatkan vaksin lengkap dengan booster untuk meminimalisir penyebaran semakin meluas. Marotta juga menyarankan agar FIFA dan UEFA menunda semua laga internasional hingga bulan Juni.

"Saya sungguh berharap ada syarat vaksinasi lengkap untuk semua pemain. Jika semua pemain diberi booster, penyebaran virus dan ancaman bagi kesehatan masyarakat bisa sangat dibatasi. Ini juga berarti liga bisa berlanjut dengan normal, sementara saat ini kita menghadapi skenario yang tidak kita ketahui perkembangannya akan seperti apa. Saya berharap semua pemain mendapatkan vaksinasi lengkap."

"Gelombang keempat mengejutkan kita; beberapa liga menunda jadwal mereka, sementara sebagian lagi tidak. Situasinya sulit diperhitungkan. Dengan menunda pertandingan, pengelolaan situasinya akan lebih baik, tapi kita akan kehabisan hari-hari potensial untuk bertanding dan waktu pemulihan. Salah satu usulan saat ini adalah berbicara dengan FIFA dan UEFA untuk meminta agar komitmen tim nasional ditunda sampai bulan Juni," pungkasnya.

Artikel Tag: Giuseppe Marotta, Inter Milan, Bologna

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/bologna-vs-inter-batal-giuseppe-marotta-bikin-aturan-itu-yang-jelas
633  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini