Bintang Persija Klaim Pemain Bertahan Juga Harus Bisa Mencetak Gol

Penulis: Dayat Huri
Senin 04 Mei 2020, 22:00 WIB
Bintang Persija Klaim Pemain Bertahan Juga Harus Bisa Mencetak Gol

Otavio Dutra merayakan gol ke gawang Bhayangkara FC/foto dok Persija

Berita Liga 1 Indonesia: Pemain senior Persija Jakarta Otavio Dutra menyebut, bahwa di era sepak bola modern seperti sekarang ini, seorang pemain bertahan juga dituntut bisa mencetak gol dan membantu timnya meraih kemenangan.

Otavio Dutra yang sudah malang melintang di sejumlah klub tanah air memang dikenal sebagai salah seorang pemain bertahan yang cukup komplet. Selain mampu bertahan dengan sangat baik, dia juga kerap kali menjadi pemecah kebuntuan ketika timnya kesulitan membobol gawang lawan.

"Sepak bola itu tentang gol, kalau hasil seri apalagi kalah pasti semua tidak senang. Tapi kalau gol banyak semua orang ingin melihat. Karena gol adalah yang paling penting dalam sepak bola. Sehingga selain kuat dalam bertahan, bek saat ini juga harus bisa mencetak gol saat dibutuhkan. Terlebih mayoritas bek dianugerahi postur yang tinggi," katanya seperti dilansir laman resmi Persija Jakarta.

Apa yang disampaikannya Dutra memang bukan hanya isapan jempol belaka. Pada pertandingan perdananya bersama Persija Jakarta di Liga 1 2020 kala menghadapi Bhayangkara FC 14 Maret lalu, pemain 36 tahun itu sukses mencetak satu gol untuk membantu Macan Kemayoran mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2.

Oleh karena itu, pemain kelahiran Brasil yang saat ini sudah berstatus sebagai WNI itu memiliki tips untuk menjadi bek disegani saat ini. Ia mengutarakan, karakter bek yang keras dan berusaha membuang bola sejauh mungkin dari sisi pertahanan sudah tidak begitu dibutuhkan. Saat ini pemain belakang harus dapat menjadi pembuka serangan timnya.

"Zaman dahulu memang bek harus bermain keras, namun saat ini bukan menjadi hal yang utama. Saat ini kita tidak langsung menendang ke depan, seperti saya memilih main sederhana, tidak kasar dan membangun serangan dari bawah," ujar Dutra.

Artikel Tag: Liga 1, persija jakarta, otavio dutra

327  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini