Berita TSC 2016: Sergio Van Dijk Asah Kemampuan Individu dengan Latihan Tambahan

Penulis: M. Aldi
Selasa 04 Okt 2016, 21:43 WIB
Berita TSC 2016: Sergio Van Dijk Asah Kemampuan Individu dengan Latihan Tambahan

Sergio Van Dijk dan rekan setimnya ketika melakukan uji coba lapangan di Stadion Jakabaring

Liga Olahraga - Berita TSC 2016: Sudah dua hari Persib berlatih di Stadion Persib yang letaknya berada di depan mes pemain. Kondisi ini dimanfaatkan Sergio Van Dijk untuk mengasah naluri golnya dengan menambah menu latihan mandiri.

Sebelumnya Persib selalu berlatih di lapangan yang letaknya jauh dari Mes dengan sistem sewa perjam. Mulai dari Lapangan Progresif, Football Plus atau banyak lapangan lain dikunjungi oleh pasukan Djadjang Nurdjaman setiap melakukan agenda latihan rutin. Tapi dalam 2 hari terakhir Persib berlatih di Stadion Persib yang letaknya di Jalan Ahmad Yani, Bandung.


Kondisi itu pun dimanfaatkan oleh pemain depan Persib, Sergio Van Dijk untuk menambah porsi latihan. Dia menyebut kebiasaan ini kerap jadi kebiasaan pemain di kompetisi luar negeri untuk menambah kualitas permainan. Namun untuk ukuran Indonesia, mayoritas tim tidak punya tempat latihan sendiri dan para pemain sulit melakukan kebiasaan tersebut.


"Itu biasa karena di Eropa sering, mungkin di Persib belum karena ga ada lapangan sendiri dan harus pergi kemana-kemana. Kita sudah latihan langsung pulang karena cuma sewa beberapa jam, ga ada kesempatan untuk tambahan latihan‬," ungkap Sergio ketika diwawancara di Stadion Persib, Selasa (4/10/2016).


Sebelumnya Stadion Persib yang dikelola oleh Dispora Kota Bandung memang kondisinya mengkhawatikan. Permukaan lapangan rusak dan jauh dari kata ideal membuat pemain malah rawan cedera. Baru beberapa bulan terakhir lapangan direnovasi, hanya saja permukaan yang diganti oleh rumput sintetis hanya di bagian tengah saja. Itu pun karena lapangan akan digunakan untuk olahraga kriket putri di ajang PON XIX.



Dikatakan Sergio, keputusan Djanur mencoba anak asuhnya berlatih di tempat yang juga dikenal sebagai stadion Sidolig itu menjadi sebuah keuntungan. Karena dia bisa terus mengasah ketajamannya sebagai pemain depan meski materi latihan bersama sudah rampung.


"Untuk pemain penting karena ada beberapa hal yang kamu tidak bisa lakukan dalam latihan seperti shooting ke gawang itu pasti butuh banyak percobaan," ungkapnya.


Pagi tadi, Sergio melakukan menu latihan individu bersama Yandi Sofyan. Menurutnya latihan tambahan ini sangat bagus untuk pemain muda yang ingin mendapat menit bermain. Karena untuk mendapat kepercayaan pelatih dibutuhkan kemampuan yang baik dan peningkatan performa hanya terjadi jika ada kerja keras.



"Kalau kamu lihat di Australia atau Belanda pemain pemain itu sangat kompetitif kalau mau masuk tim inti. Siapa yang main itu yang terbaik jadi mereka mau perbaiki terus setiap hari dan latihan tambahan," ungkapnya.


Sergio berharap Persib bisa terus berlatih di lapangan yang setiap saat boleh digunakan. Tapi dengan syarat kualitas lapangan sudah diperbaiki seluruhnya, bukan di bagian tengah saja. Karena dengan begitu selain mengasah shooting, dia juga bisa memperdalam kemampuan dalam pergerakan di atas lapangan.

Artikel Tag: Persib, Sergio van Dijk, Bandung, Stadion Persib

626  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini