Berita Sepak Bola: Laga Italia Kontra Jerman Gunakan Teknologi Terbaru

Penulis: Rei Darius
Selasa 15 Nov 2016, 08:15 WIB
Berita Sepak Bola: Laga Italia Kontra Jerman Gunakan Teknologi Terbaru

VAR akan diuji coba dalam laga Italia kontra Jerman

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Berita Sepak Bola: Sebuah sistem yang membolehkan wasit untuk melihat tayangan ulang melalui video untuk memengaruhi keputusannya akan dipergunakan dalam laga persahabatan ketika Italia menjamu Jerman di Stadio San Siro pada hari Selasa (15/11) ini.

Di bulan Maret tahun ini, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional telah menyetujui untuk menggunakan tes soal sistem Video Asisten Wasit atau VAR yang jika menunjukkan pertanda keberhasilan, kemungkinan besar akan digunakan pada ajang Piala Dunia 2018 nanti di Rusia.

Teknologi ini sudah diuji coba pada laga persahabatan antara Italia kontra Prancis di bulan September lalu dan juga digunakan di enam negara lain, yakni Australia, Brasil, Jerman, Belanda, Portugal dan Amerika Serikat.

Namun demikian, hingga kini uji coba VAR masih di level semi-live, yang berarti bahwa meskipun VAR bisa menjadi bahan pertimbangkan untuk melihat ulang gol, hadiah penalti, kartu merah dan kesalahan dalam mengenali pemain untuk mengambil keputusan, namun wasit yang memimpin laga masih belum dapat melihat rekaman di sisi pinggir lapangan.

"Saya rasa akan sama saja." ungkap Marco Van Basten, legenda sepak bola Belanda yang kini menjabat sebagai direktur pengembangan teknis FIFA, dikutip dari Four Four Two. "Dengan adanya asisten wasit maka kami memiliki satu mata tambahan. Mereka dapat membantu para wasit."

"Saya harap itu dapat berguna agar sepak bola jadi lebih jujur. Itulah yang kami inginkan. Pada akhirnya, hasil pertandingan harus lebih adil."

"Sepak bola tidak akan berubah karena ini. Saya yakini ini akan membawa kebaikan. Mungkin akan membutuhkan sedikit waktu bagi para pemain dan wasit untuk beradaptasi sedikit, namun ini akan membawa kebaikan."

Artikel Tag: Italia, Jerman, VAR, Berita Sepak Bola, FIFA, Piala Dunia 2018, Marco Van Basten

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/berita-sepak-bola-laga-italia-kontra-jerman-gunakan-teknologi-terbaru
1789  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini