Berita Liga Inggris: Tangani Everton, Ronald Koeman Mulai Buktikan Diri Sebagai Salah Satu Manajer Terbaik Premier League

Penulis: Yuni Winata
Rabu 12 Okt 2016, 19:24 WIB
Berita Liga Inggris: Tangani Everton, Ronald Koeman Mulai Buktikan Diri Sebagai Salah Satu Manajer Terbaik Premier League

Ronald Koeman

Ligaolahraga - Berita Liga Inggris: Setelah sukses membawa Southampton secara berturut-turut menikmati beberapa musim yang bagus di bawah kepemimpinannya, Ronald Koeman kemudian memutuskan untuk mengambil peran yang lebih menantang dengan menjadi manajer Everton. Tempat yang pas untuk membuktikan bahwa dia termasuk salah satu manajer terbaik di Premier League

Pelatih berusia 53 tahun ini datang ke Inggris setelah Mauricio Pochettino pergi untuk mengambil alih kursi manajer Tottenham Hotspur pada 2014. Saat Koeman datang, Southampton tampaknya tidak mampu menahan goncangan karena eksodus beberapa pemain utama mereka seperti Luke Shaw, Dejan Lovren, Ricky Lambert, dan kapten Adam Lallana ke klub Liga Premier lain.

Saat itu bukanlah waktu yang bagus untuk mengambil alih, namun Koeman mampu menemukan cara untuk membawa Southampton finish di posisi ke-7, lebih baik dari musim sebelumnya di bawah kepemimpinan Pochettino yang hanya mampu finis di posisi ke-8. Di musim selanjutnya Southampton tampil lebih baik lagi dan berhasil finis di posisi ke-6, finish terbaik mereka sejauh ini.

Jadi tidak mengejutkan bahwa kemudian Everton menawarinya jabatan manajer. Yang mengejutkan adalah keputusannya untuk menerima pekerjaan itu karena sebelumnya dia mengatakan bahwa dia ingin menyelesaikan kontraknya dengan Southampton.

Saat pimpinan Southampton ingin memastikan keseriusannya di klub dan Koeman ternyata tidak lagi berkomitmen, ditambah lagi dengan pinangan dari Everton. Akhirnya, Everton berhasil merekrutnya dengan kontrak selama 3 tahun senilai £6 juta per musim.

Pelatih asal Belanda ini telah menunjukkan kemampuannya di Everton musim ini. Di 7 pertandingan Liga Premiernya, Everton berhasil menang 4 kali, 2 seri, dan baru kalah sekali. Mereka telah mencetak 11 gol, dan menjadi klub dengan pertahanan terbaik kedua, dengan baru kebobolan 5 gol.

Salah satu alasan kesuksesannya adalah caranya merekrut pemain. Dia tidak menghambur-hamburkan uang untuk membeli pemain mahal, namun dia bisa mengenali pemain-pemain bagus yang tidak terlalu mahal.

 Tujuan Everton musim ini adalah untuk bisa masuk kualifikasi Europa, dan Koeman adalah manajer yang tepat untuk bisa mewujudkannya.

 

Artikel Tag: Ronald Koeman, Southampton, Everton

499  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini