Berbau Kontroversi, Penalti Elche vs Atletico Madrid Pantas Diulang?

Penulis: Vina Enza
Minggu 02 Mei 2021, 09:08 WIB
Atletico Madrid

Posisi Jan Oblak yang dianggap menimbulkan kontroversi (foto:marca)

Berita Liga Spanyol: Di menit akhir laga tandang Atletico Madrid di Estadio Martinez Valero, Elche diberikan kesempaan untuk menyeimbangkan kedudukan melalui titik putih akibat handball yang dilakukan oleh Marcos Llorente. Akan tetapi dalam pelaksanannya ada kontroversi yang terjadi.

Fidel menjadi eksekutor penalti untuk Eche di menit akhir akan tetapi ia gagal melakukan tugasnya dengan baik setelah tembakannya membentur mistar gawang Jan Oblak. Seperti dilansir Marca, kiper asal Slovenia tersebut mengantisipasi arah tendangan dengan benar akan tetapi terekam oleh kamera televisi bahwa ia melanggar garisnya saat Fidel melakukan tendangan penalti. Sementara penjaga gawang tidak diperbolehkan menggerakan kedua kakinya ke luar garis sebelum penalti dilakukan.

Meski demikian wasit tidak memutuskan untuk mengulang penalti tersebut, sedangkan dalam peraturan pertandingan menjelaskan bahwa penalti diulang saat kiper melakukan penyelamatan atau jelas-jelas mempengaruhi bagian permainan.

“Jika kiper melakukan pelanggaran dan jika bola meleset atau memantul dari mistar gawang atau tiang gawang, tendangan penalti hanya akan diulang kembali jika kiper melakukan pelanggaran yang jelas berdampak pada sang penendang,”bunyi peraturan tersebut.

Masih belum jelas apakah tindakan Jan Oblak berdampak pada Fidel atau tidak, tapi wasit VAR memutuskan tidak melakukan intervensi. Los Rojiblancos sukses membawa pulang tiga poin sempurna dari kandang Elche yang memperpanjang kepemimpinan mereka di puncak klasemen dan terpaut dua poin dari Real Madrid dan lima poin dari Barcelona.

Artikel Tag: Atletico Madrid, Jan Oblak, Elche

1815  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini