Berani Tampil Menekan, Southampton Lumat Chelsea

Penulis: Stefanus Toni
Minggu 04 Okt 2015, 05:53 WIB
Berani Tampil Menekan, Southampton Lumat Chelsea

Berani Menekan, Kunci Kemenangan Soton Atas Chelsea

Ligaolahraga.com -

LigaOlahraga.com - Dengan situasi saat ini masa depan Jose Mourinho di Chelsea dinilai berada di tangan para pemainnya sendiri; apakah mereka tetap tampil lesu atau berjuang sekuat tenaga demi sang manajer. Chelsea baru saja menelan kekalahan kandang 1-3 ketika menjamu Southampton di Stamford Bridge.

Southampton sukses mempermalukan Chelsea di hadapan pendukungnya sendiri. Manajer Soton, Ronald Koeman, menyebut kemenangan itu didapatkan dengan dual hal: menekan dan irama yang tepat.

 

Bermain di Stamford Bridge, Sabtu (3/10/2015) malam WIB, Soton memetik kemenangan 3-1 atas Chelsea. The Saints sempat tertinggal di awal babak pertama tapi kemudian mampu membalikkan keadaan di babak kedua.

 

Soton teringgal lebih dulu di menit kesepuluh dengan gol Willian. Tapi kemudian bisa menyamakan kedudukan di akhir babak kedua. Kerja keras Soton pada akhirnya terbayar pada sejam permainan. Berawal dari hilangnya possession oleh Gary Cahill, Pelle mengirim umpan terobosan kepada Sane dan bintang Senegal itu berhasil mengelabui Terry sebelum menceploskan bola melewati sela-sela kedua kaki Begovic.


Chelsea gagal memberikan respons positif untuk mengejar defisit meski Mou langsung memasukkan Pedro Rodriguez untuk menggantikan Willian. Tuan rumah malah tertinggal makin jauh di menit 72.


Soton melakukan serangan balik cepat yang dimotori Mane, dan si No. 10 menyudahi penetrasinya dengan umpan matang ke arah Graziano Pelle di sisi kanan. Penyerang Italia itu lantas melepas finishing mematikan ke arah tiang jauh untuk menaklukkan Begovic.

 

Demi meningkatkan peluang menemukan gol balasan Mourinho menggantikan Nemanja Matic, yang sebenarnya baru masuk saat half-time, dengan Loic Romy untuk berduet dengan Radamel Falcao. Tetapi pergantian itu tak berdampak sesuai harapan. Kedudukan 3-1 untuk Soton terus bertahan hingga akhir.


Statistik menunjukkan Soton kalah dalam ball possesion dengan rasio 39:61. Tapi Soton membuat lebih banyak peluang dengan 13 tembakan dan lima di antaranya yang tepat sasaran. Sementara, Chelsea bisa membuat 10 peluang dengan hanya tiga yang shot on target.

 

"Kami mendapatkan kepercayaan diri yang kami butuhkan pada kemenangan itu. Jika kami bisa menunjukkannya saat menghadapi Chelsea, kami mampu untuk menunjukkannya lagi terhadap tim-tim lain," kata Koeman seperti dikutip Sports Mole.

 

"Kami memulai pertandingan tadi dengan sedikit kesulitan, tapi kami mampu comeback dan menjadikan kedudukan imbang 1-1 dengan gol yang memuaskan. Perbedaan memang terjadi setelah kami keluar dari ruang ganti, bisa menekan Chelsea dan membuat pergerakan yang pas.

 

"Menurut saya kami memang layak mendapatkan tiga poin malam ini. Mungkin kalau mereka mendapatkan satu penalti, maka kami layak dapat dua. Begitulah keputusan wasit.

 

"Kami mempunyai pengalaman ketinggalan 0-1. Kami tetap optimistis dan menjelang turun minum kami harus bisa lebih baik. Kami berusaha memainkan bola yang bagus dan sepakbola menyerang karena kami yakin begitulah sepakbola," jelas dia.

 

Dengan kemenangan itu, Soton ada di peringkat kesembilan papan klasemen sementara Liga Inggris dengan nilai 12 poin. Mereka juga memaksa Chelsea mendekam di urutan ke-16 alias hanya dua trap dari zona degradasi.


Susunan Pemain:


Chelsea (4-2-3-1): Begovic; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Ramires, Fabregas; Willian, Oscar, Hazard; Falcao

  

Southampton (4-2-3-1): Stekelenburg; Cedric, Fonte, van Dijk, Bertrand; Romeu, Wanyama; S. Davis, Tadic, Mane; Pelle


 

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/berani-tampil-menekan-southampton-lumat-chelsea
575  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini