Berani Ambil Penalti Lagi, Bukayo Saka Tidak Terjebak dalam Trauma

Penulis: Fery Andriyansyah
Minggu 07 Jul 2024, 19:00 WIB
Bukayo Saka memiliki kenangan buruk bersama timnas Inggris

Bukayo Saka memiliki kenangan buruk bersama timnas Inggris. (Foto: Alex Livesey/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Pahlawan Inggris, Bukayo Saka, selalu percaya bahwa ia akan mengatasi traumanya dari Euro 2020 dengan mencetak gol dalam kemenangan adu penalti melawan Swiss pada Sabtu (6/7) malam WIB.

Bukayo Saka mencetak gol penyeimbang yang brilian dan dengan tenang mengeksekusi penalti, saat Inggris mengalahkan Swiss 5-3 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di Dusseldorf, untuk mengatur laga semifinal Euro 2024 melawan Belanda. Aksi adu penalti terakhir sang bintang Arsenal untuk Inggris berakhir dengan patah hati, ketika ia gagal mengeksekusi penalti penentu dalam kekalahan mereka dari Italia di final Euro 2020.

Namun ketika ditanya tentang keberaniannya untuk kembali maju, Saka mengatakan: "Ini adalah sesuatu yang saya terima. Anda bisa gagal sekali dan Anda memiliki pilihan apakah akan menempatkan diri Anda dalam posisi itu lagi, dan saya adalah orang yang akan melakukannya. Saya percaya pada diri saya sendiri dan ketika saya melihat bola masuk ke gawang, saya sangat bahagia.

"Kami tahu ada dua pertandingan lagi sebelum kami mengubah hidup kami dan membuat sejarah yang belum pernah dibuat sebelumnya. Kami sangat fokus pada hal tersebut, kami akan menikmati malam ini, menonton pertandingan [Belanda-Turki] untuk melihat siapa yang akan kami hadapi dan bersiap untuk itu saat waktunya tiba."

Ketika ditanya apakah kegagalannya di Wembley tiga tahun lalu terlintas di pikirannya saat henda mengeksekusi penalti, Saka menjawab: "Tidak, saya tidak akan fokus pada masa lalu. Itu sudah selesai. Saya hanya bisa fokus pada saat ini dan mengambil penalti. Tentu saja, saya tahu ada banyak orang yang gugup saat menonton, termasuk keluarga saya di kerumunan. Tapi saya tetap tenang dan saya mencetak gol."

Jordan Pickford menyelamatkan penalti pertama Swiss dari Manuel Akanji setelah Cole Palmer mencetak gol, dan Jude Bellingham, Ivan Toney, serta Trent Alexander-Arnold juga berhasil mengeksekusi penalti mereka dengan sempurna.

"Saya percaya kami memiliki beberapa penendang terbaik di Premier League dan di dunia," kata Saka. "Kami sudah membicarakannya sebelumnya, jika sampai pada adu penalti, kami akan cukup percaya diri. Kami menunjukkan itu hari ini, mencetak lima dari lima dan kami lolos ke babak berikutnya."

Artikel Tag: Bukayo Saka, Timnas Inggris, EURO 2024, Piala Eropa 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/berani-ambil-penalti-lagi-bukayo-saka-tidak-terjebak-dalam-trauma
118  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini