Barcelona Harus Siap Hidup Tanpa Lionel Messi

Penulis: Senja Hanan
Rabu 29 Apr 2020, 21:21 WIB
Barcelona Harus Siap Hidup Tanpa Lionel Messi

Kapten Barcelona, Lionel Messi. (Foto: Getty Images).

Berita Liga Spanyol: Pelatih Tim Nasional Belanda, Ronald Koeman memberikan peringatan keras kepada Barcelona untuk segera mencari pemain untuk menggantikan posisi Lionel Messi.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, ketergantungan tim yang dijuluki Blaugrana terhadap Messi memang begitu kelihatan. Terbukti, pada musim ini, Messi sudah memberikan sumbangan sebanyak 24 gol di semua ajang.

Wajar jika Blaugrana bergantung kepada pemain berkebangsaan Argentina tersebut. Pasalnya, tak cuma piawai menjebol gawang lawan, Messi juga masih memberi kontribusi 16 assist untuk tim asal Catalan tersebut.

Dengan kontribusi gol dan assist itu, Messi seakan memberi bukti masih mampu memberi jaminan 40 gol dalam semusim. Pemain jebolan akademi La Masia itu terbiasa memberi kontribusi besar untuk Barca sejak melakukan debut di musim 2009/2010.

Namun, Koeman mencoba mengingatkan bahwa usia Messi sudah tidak muda lagi. Saat ini, pemain yang dijuluki La Pulga tersebut sudah memasuki 32 tahun. Kemungkinan besar Messi bisa bermain selama 3-5 tahun lagi.

"Leo merupakan yang terbaik sepanjang masa, dan dalam beberapa cara. Tapi, dia juga manusia dan tak bisa selalu menyelesaikan semua masalah," kata Koeman di Sport.

"Barca harus mempersiapkan diri untuk hidup tanpa dia secara bertahap. Tanpa Messi, tak akan ada yang sama. Mereka harus bisa mengatasi itu," sambung mantan pelatih Everton tersebut.

Oleh karena itu, manajemen Barcelona belakangan ini mencoba lebih aktif dalam mendatangkan pemain bintang di bursa transfer. Barcelona yang terkenal menelorkan pemain bintang melalui akademi La Masia mengganti haluan dengan mendatangkan pemain bintang mulai dari Philippe Coutinho, Ousmane Dembele hingga Antoine Griezmann.

Artikel Tag: Lionel Messi, Barcelona, Ronald Koeman

386  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini