Bangun Kekompakan Pemain, Begini Rencana Tim Pelatih Persib

Penulis: M. Aldi
Jumat 14 Agu 2020, 08:00 WIB
Bangun Kekompakan Pemain, Begini Rencana Tim Pelatih Persib

Pemain Persib ketika berlatih (foto : Persib official)

Berita Liga 1 Indonesia: Kurang dari dua bulan Persib Bandung akan memulai lagi petualangan mereka di kompetisi. Liga 1 2020 rencananya digelar kembali pada 1 Oktober merujuk pada surat ketetapan yang diterbitkan oleh PSSI.

Dengan waktu yang ada, Maung Bandung dituntut untuk berada di level permainan terbaiknya. Mengingat tim asuhan Robert Rene Alberts tersebut punya misi menjaga posisi mereka di peringkat satu klasemen.

Selain kesiapan fisik, tehnik dan taktikal, mentalitas pemain maupun kekompakan satu sama lain sangat berpengaruh. Kegiatan tambahan di luar lapangan pun biasanya menjadi cara dari staf pelatih membentuk chemistry anak asuhnya.

Biasanya di masa persiapan jelang kompetisi, agenda pemusatan latihan dan outbound kerap jadi pilihan. Persib pun dikatakan oleh pelatih fisik, Yaya Sunarya mungkin melakukan itu. Meski belum bisa dipastikan karena melihat kebutuhan tim.

"Untuk rencana outbound kita sesuaikan dengan rencana kita tim pelatih. kita akan lihat kemungkinan program sebelum kompetisi dimulai, ada masa dimana kita melakukan pematangan tim," kata Yaya ketika diwawancara.

Pria jebolan FPOK UPI itu mengatakan memang dibutuhkan agenda tambahan selain hanya berlatih di lapangan. Opsinya bisa saja memainkan laga uji coba melawan tim lain. Kegiatan luar ruangan pun bisa membangun kekompakan anak asuhnya.

"Bisa kita melakukan uji coba, atau soliditas tim yang dibuat melalui outbound misalnya. Tapi nanti kita akan coba pikirkan karena terus terang kita memikirkan semuanya, termasuk latihan di GBLA, apa continue latihan di GBLA atau kita mencari tempat yang lain untuk nuansa yang berbeda bagi pemain," jelasnya.

Persib sendiri terbilang jadi tim yang cepat memutuskan untuk kembali berlatih di masa pandemi ini. Hanya beberapa tim yang sudah berlatih dan mayoritas belum mengumpulkan pemainnya. Tapi Yaya belum bisa memandang kondisi ini sebagai keuntungan bagi timnya.

"Saya engga tahu itu keuntungan atau tidak tapi kalau dilihat persiapan dari kompetisi kemudian kita tetap continue dengan tetap melakukan latihan, kita bisa dilihat dari data dimiliki hasilnya kita tidak perlu lagi mulai dari bawah," tukasnya.

Artikel Tag: Yaya Sunarya, Persib, Bandung

495  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini