Atletico Madrid Terapkan Perubahan Taktik Menjelang Akhir Musim

Penulis: Vina Enza
Minggu 16 Mei 2021, 10:06 WIB
Atletico Madrid

Atletico Madrid mengubah taktik jelang akhir musim (foto:twitter)

Berita Liga Spanyol: Atletico Madrid melakukan perubahan taktik dalam beberapa pekan terakhir hingga menjelang dua laga tersisa di La Liga musim ini. Pelatih Diego Simeone yang biasanya menerapkan formasi tiga pemain belakang dan dua bek sayap memilih untuk mengubahnya menjadi empat pemain belakang.

Seperti dilansir Marca, formasi tiga pemain belakang sukses menampilkan kekuatan timnya dan juga mengeluarkan penampilan terbaik Kieran Trippier, Mario Hermoso dan Thomas Lemar, namun Diego simeone masih menaruh banyak kepercayaan dengan memainkan formasi empat pemain belakang dan memanggil kembali Renan Lodi, meski saat sang bek kiri cedera di San Mames, Cholo terpaksa melakukan perombakan lagi.

Kehadirian Hermoso bebaskan pergerakan Carrasco

Saat Lodi absen membuat Mario Hermoso diminta untuk bermain di posisi bek kiri dalam beberapa laga terakhir dan membatasi kontribusinya dalam menyerang, di sisi lain dapat membebaskan Yannick Carrasco untuk lebih fokus dalam membantu penyerangan dari sisi kiri, musim ini ia lebih banyak berperan sebagai winger dibandingkan gelandang.

Correa dan Llorente lebih berkontribusi di lini serang

Trippier berperan sebagai full bek namun lebih seperti winger di lini serang, pemain asal Inggris tersebut membantu kerja Marcos Llorente dan Angel Correa. Kedua pemain tersebut bermain di area yang sama seringkali saling menggantikan, terutama di lini pertahanan, siapapun yang terdekat melakukan tekanan sedangkan yang lain membantu pertahanan. Sementara Trippier melakukan penjagaan di sisi kanan, peran kedua pemain tersebut sangat penting di lini serang dalam beberapa pekan terakhir dengan menyumbangkan gol serta assist.

Saul Gantikan peran Lemar Yang Absen

Diego Simeone menurunkan susunan pemain yang sama di kemenangan atas Real Sociedad dengan yang menahan imbang Barcelona kecuali Saul yang menggantikan Lemar yang cedera. Dua pemain tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, namun pemain asal Spanyol menawarkan kraktifitas dan ia menunjukkan penampilan luar biasa saat melawan Barcelona dan La Real di La Liga.

Dengan perubahan yang dilakukan oleh El Cholo dan kemampuannya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari para pemainnya di lapangan, Los Rojiblancos telah memperbarui alur penyerangan mereka di saat yang tepat musim ini.

Akan tetapi sebaliknya Atletico Madrid masih menderita saat tanpa bola dan rencana B tidak ada bedanya dengan rencana A. Masalah lain yang harus dihadapi Cholo adalah para pemain di bangku cadangan sangat berbeda kemampuannya dengan starter sehingga berdampak dalam permainan tim di babak kedua. Segalanya dilakukan guna meningkatkan penampilan timnya guna bisa mengamankan gelar juara La Liga musim ini.

Artikel Tag: Atletico Madrid, Diego Simeone, La Liga

668  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini