AS Ikut Terpilih Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026, Trump Ucapkan Selamat

Penulis:
Rabu
AS Ikut Terpilih Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026, Trump Ucapkan Selamat

Donald Trump

Berita Piala Dunia: Terpilihnya Amerika Serikat, bersama Kanada dan Meksiko, sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2026 pada Rabu (13/6), membuat bangga Donald Trump. Melalui akun Twitter resminya, presiden kontroversial Negeri Paman Sam itu memberikan ucapan selamat.

“AS bersama dengan Meksiko dan Kanada, baru saja mendapatkan (hak tuan rumah) Piala Dunia. Selamat – ini berkat kerja keras!” cuitnya. Akan menarik sebenarnya mengingat AS – melalui pemerintahan Trump – sedang berseteru dengan Kanada dan Meksiko dalam hal perdagangan.

Bagi AS sendiri, ini akan menjadi kedua kalinya mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah 1994, meski baru kali ini mereka akan melaksanakannya bersama dua negara tetangga. Meksiko pernah menjadi tuan rumah pada 1970 dan 1986, sementara bagi Kanada, ini akan menjadi debutnya.

Ucapan selamat juga diberikan oleh Justin Trudeau, perdana menteri Kanada, yang mengatakan lewat Twitter-nya: “Berita baik pagi ini: Piala Dunia FIFA 2026 akan datang ke Kanada, AS dan Meksiko. Selamat untuk semua orang yang telah bekerja keras untuk penawaran ini. Turnamennya akan luar biasa nanti!

Di Piala Dunia 2026 nanti, untuk pertama kalinya putaran final akan diikuti 48 negara, peningkatan dari 32 negara saat ini. Namun, belum dipastikan apakah ketiga negara tuan rumah – AS, Kanada dan Meksiko – akan lolos otomatis ke putaran final tanpa melalui kualifikasi. Hal itu akan ditentukan Dewan FIFA.

Rencananya, Piala Dunia 2026 dilaksanakan di 16 kota dengan rincian 10 kota di AS, 3 kota di Kanada dan 3 kota di Meksiko. Ketiga negara tuan rumah sudah menyeleksi 23 dari 49 stadion yang nantinya akan disaring lagi oleh FIFA menjadi 16 stadion terpilih.

Total 80 partai akan dipertandingkan di Piala Dunia 2026 dengan 60 pertandingan dilaksanakan di AS, serta masing-masing 10 pertandingan di Kanada dan Meksiko. Semua perempat final, semifinal dan final akan dilaksanakan di AS.

Artikel Tag: donald trump, Piala Dunia, Piala Dunia 2026

189