Arthur Bersama Awkarin Bantu Korban Bencana Sulbar dan Kalsel Melalui AFG

Penulis: Dayat Huri
Rabu 27 Jan 2021, 21:00 WIB
Pemain PSS Sleman, Arthur Irawan

Pemain PSS Sleman, Arthur Irawan/foto dok PSS Sleman

Berita Liga 1 Indonesia: Untuk membantu korban bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel), pemain bertahan PSS Sleman, Arthur Irawan berkolaborasi dengan selegram Karin Novilda atau yang dikenal dengan Awkarin untuk menjalankan program Athletes For Good atau AFG.

Ia menilai, sebagai public figur ia memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

"Saya lagi mengerjakan Athletes For Good atau AFG. Ini adalah gerakan yang dibuat untuk menunjukkan bahwa sebagai atlet dan public figure, dengan suara dan pengikut yang kita punya, ya kita harus melakukan hal-hal yang baik kepada mereka yang membutuhkan," katanya seperti dilansir laman resmi klub PSS Sleman.

Diakui Arthur, aksinya ini terinspirasi dari penyerang Manchester United, Marcus Rashford yang rutin membantu anak-anak di Inggris. Bahkan atas aksinya itu, Rashford dianugerahi penghargaan Member of the British Empire (MBE).

"Saya salut dengan atlet seperti Rashford, dia bisa melakukan kegiatan filantropis seperti ini. Di NBA juga sudah mulai. Tujuan AFG memang diarahkan untuk ke sana juga," tambahnya.

Untuk memastikan program tersebut berjalan dan bisa menjangkau seluruh kalarangan, ia merangkul rekan sesama atlet yaitu Sean Gelael dan selegram Awkarin.

"Projek sekarang AFG dan Maju Foundation (Yayasan milik Awkarin dan teman-teman). Yang dilakukan kami saat ini adalah kolaborasi untuk kumpulkan dana yang hasil donasinya akan disebarkan untuk bantu saudara kita di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan," ujar pemain kelahiran tahun 1993 ini.

Ajakan berbuat baik yang disuarakan oleh ketiganya pun dikemas dengan unik. Dari setiap 10 juta dana yang terkumpul, Arthur, Sean dan Awkarin akan melakukan 1 repetisi gerakan olahraga dan akan disiarkan langsung lewat Instagram.

"Misalnya dana yang terkumpul 200 juta, kita akan lakukan 20 kali gerakan. Kalau 1 Miliar, 100 gerakan. Masing-masing orang gerakannya berbeda. Saya sit up, Karin squat dan Sean burpee," jelas Arthur.

Setelah terkumpul, dana tersebut akan disalurkan lewat lembaga sosial Sekolah Relawan. Bentuk donasinya yaitu berupa makanan, minum, tenda tempat tinggal sementara dan memperbaiki fasilitas umum dan rumah warga terdampak.

Sebagai pemain yang bermarkas di Sleman, ia juga berencana untuk mengajak PSS Sleman dan Sleman Fans agar ikut gerakan aksi sosial. Menurutnya, berbagi tak hanya berupa materi saja, tapi lebih dari itu.

"Saat liga sudah mulai dan saya sudah di Sleman, saya mau libatkan Sleman Fans dan bantu komunitas di daerah Sleman. Buat saya, Sleman daerah yang sangat luar biasa, orang-orangnya sangat ramah dan pekerja keras," tambahnya.

Ke depan, pemain bernomor punggung 8 itu berharap agar aksi sosial yang ia garap di AFG dapat dicontoh oleh rekan-rekan sesama atlet di Indonesia. Karena baginya, berprestasi tidak hanya bisa dicetak di dalam lapangan saja, tapi juga di luar lapangan dengan membantu mereka yang membutuhkan.

Artikel Tag: Arthur, PSS Sleman, awkarin

657  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini