Arsene Wenger Sebut Piala Dunia Bisa Dimainkan di Musim Dingin Lagi

Penulis: Fery Andriyansyah
Sabtu 10 Des 2022, 07:00 WIB
Arsene Wenger menjabat sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA

Arsene Wenger menjabat sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA. (Foto: Pedro Vilela/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, percaya Piala Dunia 2022 di Qatar telah menunjukkan bahwa turnamen dapat diselenggarakan dengan sukses di musim dingin.

Keputusan untuk mengalihkan Piala Dunia dari jadwal musim panas yang biasa ke musim dingin memicu banyak reaksi ketika diumumkan pada tahun 2015. Meskipun keputusan tersebut membuat pusing jadwal untuk liga domestik Eropa, turnamen tersebut berjalan baik dengan presiden FIFA Gianni Infantino bahkan menyatakan babak penyisihan grup sebagai 'yang terbaik yang pernah ada'.

Sekarang Arsene Wenger, yang merupakan Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA, mengatakan mungkin ada lebih banyak Piala Dunia musim dingin di masa depan, terutama jika turnamen tersebut akan kembali ke Afrika.

"Jika kita ingin mendemokratisasi sepak bola, kita harus pergi ke negara-negara Afrika di mana tidak mungkin memainkan Piala Dunia di musim panas," kata Wenger kepada L'Equipe. "Kita bisa melihatnya dengan edisi ini di Qatar, Piala Dunia di musim dingin berhasil.

"Tentu saja, banyak pemain tidak memiliki waktu yang biasa untuk mempersiapkan fisik tetapi setidaknya mereka semua mendekati kompetisi ini dengan kesegaran mental yang nyata, yang tidak selalu terjadi di masa lalu.

"Saya ingat tim yang memulai Piala Dunia secara psikologis lelah karena masa persiapan mereka berjalan buruk."

Tahun lalu, Wenger mendukung rencana untuk menggelar Piala Dunia setiap dua tahun sekali sebagai bagian dari perombakan total kalender internasional, meskipun dia sekarang menarik saran itu dan mengatakan turnamen dua tahunan tidak lagi menjadi agenda FIFA.

"Saya diminta untuk memikirkannya dan saya pikir itu bukan ide yang buruk," lanjutnya. "Tapi perubahan seperti itu akan membutuhkan tinjauan lengkap dari kalender kualifikasi. Kami tidak menuju ke arah itu hari ini, melainkan menuju siklus empat tahun bergantian dengan Piala Dunia, Piala Dunia Wanita - yang menjadi semakin penting - dan Euro."

Maroko, yang membuat kejutan di Piala Dunia 2022 dengan lolos ke perempat final setelah mengalahkan Spanyol dalam drama adu tendangan penalti, telah mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 yang berpotensi menjadi tuan rumah bersama dengan Tunisia dan Aljazair.

Artikel Tag: Arsene Wenger, Piala Dunia 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/arsene-wenger-sebut-piala-dunia-bisa-dimainkan-di-musim-dingin-lagi
448  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini