Arsene Wenger Sebut Mikel Arteta Beruntung Bisa Latih Arsenal

Penulis: Fery Andriyansyah
Jumat 16 Okt 2020, 12:30 WIB
Mikel Arteta menukangi Arsenal sejak Desember 2019

Mikel Arteta dan Arsene Wenger. (Foto: Stuart MacFarlane/Getty Images)

Berita Liga Inggris: Arsene Wenger selalu percaya Mikel Arteta akan membuat transisi yang sukses dari pemain ke pelatih, tetapi mengatakan bahwa mantan anak asuhnya itu "beruntung" karena langsung menukangi klub sebesar Arsenal.

Mikel Arteta menghabiskan lima tahun di Emirates Stadium sebagai pemain saat Arsene Wenger masih bertugas sebagai manajer, tetapi berangkat ke Manchester City setelah gantung sepatu pada 2016 untuk menjadi asisten Pep Guardiola.

Pria asal Spanyol itu bertugas selama tiga setengah tahun di Etihad Stadium dan membantu The Sky Blues mencapai beberapa rekor yang menakjubkan, tetapi yang terpenting, dia mendapat ilmu yang sangat bermanfaat dari Pep Guardiola.

Arsenal akhirnya meminang Mikel Arteta pada Desember 2019 untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Unai Emery, dan mengakhiri musim 2019-20 dengan memenangkan Piala FA meskipun hanya finis kedelapan di Premier League.

Tetapi mantan bos The Gunners, Arsene Wenger, mengatakan Mikel Arteta mendapat sedikit keberuntungan karena pekerjaan pertamanya di dunia manajerial adalah langsung menangani salah satu klub terbesar di Inggris.

"Dia memiliki hasrat untuk permainan dan motivasi yang besar, serta fokus yang baik dan keinginan untuk melakukannya dengan baik," katanya kepada talkSPORT. "Anda dapat melihat bahan-bahannya di sana, dan dia memiliki cengkeraman serta pengaruh pada pemain lain.

"Dia beruntung karena langsung masuk ke klub besar, dalam posisi di mana Anda biasanya harus bekerja sepuluh tahun untuk mendapatkan posisi itu. Tapi karena dia bermain untuk klub dan pemain yang bagus, dia langsung mendapat kesempatan di klub besar. Saya berharap yang terbaik untuknya."

Arsenal memulai musim 2020-21 dengan mengalahkan Liverpool di Community Shield, meraih sembilan poin dari empat pertandingan pertama Premier League, serta lolos ke perempat final Carabao Cup.

Artikel Tag: Arsene Wenger, Mikel Arteta, Arsenal

1065  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini