Arsenal Masuk Pot 2 Undian Liga Champions, Bagaimana Skenarionya?

Penulis: Fery Andriyansyah
Selasa 28 Mei 2024, 03:45 WIB
Arsenal akan berada di pot 2 undian Liga Champions musim 2024-25

Arsenal akan berada di pot 2 undian Liga Champions musim 2024-25. (Foto: ADRIAN DENNIS/AFP via Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Arsenal tidak akan berada di Pot 1 untuk pengundian Liga Champions musim depan, sehingga runner-up Premier League ini akan berada satu 'liga' dengan tim-tim elite.

Liga Champions akan mengalami perubahan besar untuk musim 2024-25, dengan format grup tradisional digantikan oleh format liga. Jumlah tim yang berpartisipasi diperluas dari 32 menjadi 36, dan mulai musim depan, setiap klub akan menghadapi delapan tim berbeda dengan empat pertandingan kandang dan empat pertandingan tandang.

Undian yang akan berlangsung pada 29 Agustus nanti akan membagi semua tim yang lolos ke dalam empat pot unggulan. Untuk menentukan tim mana yang masuk ke setiap pot, digunakan koefisien klub UEFA, kecuali juara Liga Champions yang otomatis masuk Pot 1.

Dari sana, setiap tim akan diundi untuk bermain melawan dua lawan dari masing-masing pot tersebut. Manchester City dan Liverpool akan masuk ke Pot 1, sementara Arsenal, yang berada di peringkat ke-22 dalam koefisien klub UEFA, akan ditempatkan di Pot 2. Aston Villa kemungkinan akan berada di Pot 4, namun bisa juga di Pot 3 tergantung pada siapa yang lolos melalui babak kualifikasi musim panas ini.

Format Liga Champions yang baru dan penghapusan babak penyisihan grup mengakibatkan lebih sedikit penekanan yang diberikan pada unggulan pot, karena tim-tim dari setiap pot sekarang akan dipasangkan satu sama lain. UEFA mengklaim bahwa format baru ini 'memberikan kesempatan bagi klub untuk menguji diri mereka melawan berbagai tim yang lebih luas dan meningkatkan kemungkinan bagi penggemar untuk melihat tim-tim top bertemu lebih sering dan lebih awal dalam kompetisi'.

Sebagai contoh, Arsenal bisa saja bermain melawan Bayern Munich, Real Madrid, Juventus, Benfica, PSV, dan Sporting Lisbon sebagai bagian dari fase liga yang baru. Klub-klub yang finis di delapan besar dari format baru Liga Champions ini akan otomatis lolos ke babak 16 besar. Tim yang finis di peringkat sembilan hingga 24 akan berkompetisi dalam pertandingan play-off dua leg untuk mencapai fase knockout. Tim yang finis di peringkat 25 atau lebih rendah akan tereliminasi dari kompetisi dan tidak akan turun ke Liga Europa.

Prediksi undian Liga Champions musim 2024-25:

  • Pot 1: Manchester City, Bayern Munich, Real Madrid, Paris Saint-Germain, Liverpool, Inter, Borussia Dortmund, RB Leipzig, Barcelona
  • Pot 2: Bayer Leverkusen, Atletico Madrid, Atalanta, Juventus, Benfica, Arsenal, AC Milan, Club Brugge (perlu lolos kualifikasi), Shakhtar Donetsk (perlu lolos kualifikasi)
  • Pot 3: Feyenoord, Sporting CP, PSV, Celtic, (Lille, PAOK, Fenerbahce, Maccabi Tel Aviv, Young Boys, semua melalui kualifikasi)
  • Pot 4: Monaco, Aston Villa, Bologna, Girona, Stuttgart, Sturm Graz, Stade Brestois, Galatasaray (perlu lolos kualifikasi), Sparta Prague (perlu lolos kualifikasi)

Artikel Tag: Arsenal, liga champions

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/arsenal-masuk-pot-2-undian-liga-champions-bagaimana-skenarionya
658  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini