Ardi Idrus Sebut Bek Persib Punya Tugas Perbaiki Transisi

Penulis: M. Aldi
Jumat 25 Sep 2020, 01:30 WIB
Ardi Idrus ketika berduel dengan Abdul Aziz

Ardi Idrus ketika berlatih (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia: Ardi Idrus menjelaskan progres kinerja pemain bertahan Persib di masa persiapan menjelang Liga 1 2020. Menurutnya masih ada beberapa komponen yang harus diperbaiki.

Tapi aspek yang harus secepatnya dibenahi dari para pemain belakang Maung Bandung adalah masalah transisi. Ardi mesti lebih cepat mulai melakukan inisiatif serangan ketika kubu lawan kehilangan penguasaan bola.

"Ya bagi saya bersama dengan teman-teman pemain defense ya kita sekarang melatih komunikasi dari defense ke attacking, harus lebih cepat karena sebelumnya agak slow," jelas full back asal Ternate ini ketika diwawancara secara virtual.

Permutasi dari bertahan ke menyerang memang sangat disorot oleh Robert Rene Alberts usai memainkan beberapa uji coba. Menurutnya Persib masih lambat ketika balik menguasai bola dan kerap kehilangan momentum menyerang balik.

Sebagai penghuni barisan belakang yang bertugas menyaring serangan lawan, Ardi juga berperan memulai pasokan bola ke depan. "Kita diminta sama pelatih harus lebih cepat dan tujuannya positif untuk ke depan, mainnya harus cepat," jelasnya.

Salah satu upaya untuk melakukan transisi lebih cepat itu adalah dari pergerakan. Saat tim lawan kehilangan bola, pemain Persib mesti langsung bergerak naik. Namun bukan berarti pemain belakang dilarang banyak memainkan bola.

Tapi Ardi sebagai full back ketika menyerang harus cepat menempati posisi melakukan overlap. "Jadi harus banyak bergerak, itu yang diminta sama pelatih. Bisa pegang bola tapi tergantung, harus lihat situasinya," jelasnya.

Maung Bandung sendiri akan meladeni Madura United di laga perdana restart Liga 1 2020. Mengenai kekuatan lawan, dia mengaku tidak banyak memperhatikan itu. Baginya terpenting adalah mematangkan persiapan bersama tim sendiri.

"Untuk sementara kita engga berpikir tim lawan, kita lebih fokus kepada tim sendiri, mulai dari lini per lini, kiper, defender, midfielder, striker, dan itu sekarang kita lebih konsentrasi ke taktik," katanya.

Pemain bernomor punggung 3 itu juga sudah bersiap melakoni jadwal padat dengan menggunakan bus ketika bermain tandang. "Itu perjalanan kita harus lebih ekstra istirahat dan juga harus fokus untuk melakukan recovery karena itu yang bikin kita fit di pertandingan," tukasnya.

Artikel Tag: Ardi Idrus, Persib

568  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini