Ardi Idrus Cari Pemasukan Tambahan Dengan Bisnis Sepatu

Penulis: M. Aldi
Rabu 18 Nov 2020, 17:30 WIB
Bek Persib, Ardi Idrus

Ardi Idrus ketika berlatih (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : Terhetinya kompetisi kini harus membuat para pemain Persib memutar otak mencari pemasukan tambahan. Seperti Ardi Idrus yang mulai berbisnis sebagai opsi alternatif dalam memenuhi kebutuhan materinya.

Saat ini setiap klub memberlakukan pemangkasan gaji sebab liga terhenti. PSSI pun sudah membuat regulasi soal aturan pemotongan nominal upah pemain senilai 25 persen. Situasi itu tentu membuat pesepakbola nasional kelimpungan.

Guna mencari jalur pemasukan di luar gaji dari klub, Ardi mangatakan dia mulai berbisnis sepatu. Meski bukan dirinya langsung yang bergerak, tapi inisiasinya dimulai dari bek kiri andalan Persib Bandung tersebut.

Pemasarannya sendiri dilakukan secara daring di internet. "Saya ada bisnis jualan sepatu, tapi bukan saya, tapi ada orang yang kelola. Ya jualan online," ujar pemain berusia 27 tahun ini ketika diwawancara oleh wartawan.

Memang belum lama Ardi merintis usaha penjualan sepatu di internet ini. Baru beberapa bulan ke belakang dia memulai untuk memasarkan sepatu tersebut. "Belum lama juga sih ya ini baru beberapa bulan," lanjutnya.

Awal mula ide bisnis sepatu ini adalah ketika dia melihat ada banyak sepatu miliknya tidak terpakai. Dari sana Ardi berpikir untuk menjualnya. "Karena ada banyak sepatu yang engga kepake, jadi saya jual," ujar dia menjelaskan.

Merintis bisnis memang sedang marak dilakukan oleh pelaku sepakbola Indonesia. Ini juga dilakukan oleh para pasukan Maung Bandung selain Ardi Idrus seperti Kim Jefffey, Gian Zola, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz dan Zalnando.

Selain itu ada pula Zulham Zamrun yang juga memiliki usaha di luar sepakbola. Namun dia lebih menginvestasikan hasil keringat bermain bola dengan membangun rumah kontrakan dan kos-kosan serta ruko untuk berjualan.

Zulham bercerita bahwa bisnis ini sudah dirintisnya sejak lama. Ketika dia mulai berkarir sepakbola dan dapat gaji, uang itu dikumpulkan oleh ibunya dan dibangun rumah untuk disewakan. Tujuannya sebagai investasi di hari tua.

"Mulai ketika saya menghasilkan dari sepakbola, jadi saya bersyukur karena memiliki seorang mama yang bisa memanage keuangan anak-anaknya, jadi saya serahkan uang pada orang tua jadi mereka yang urus, untuk masa depan kita," terang Zulham.

Memang berbeda dengan pemain lain, usaha yang dirintisnya lebih ke bisnis keluarga. Bukan diinisiasi secara mandiri dan pemasukannya masuk ke kantong pribadi. Tapi dikatakan olehnya bahwa itu bukan masalah.

"Iya sementara bisnis keluarga sih, biarkan orang tua dan keluarga yang menikmatinya selagi saya masih menghasilkan dan mendapat penghasilan sendiri," tutur pemain yang pada Piala Presiden 2015 itu menjadi mvp dan top skorer bersama Persib itu.

Artikel Tag: Ardi Idrus, Persib

553  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini