Akibat Pandemi Corona, FIFA Ubah Aturan Bursa Transfer dan Kontrak Pemain

Penulis: Demos Why
Rabu 08 Apr 2020, 15:45 WIB
Akibat Pandemi Corona, FIFA Ubah Aturan Bursa Transfer dan Kontrak Pemain

Logo FIFA (Foto: Getty Images)

Berita Sepakbola: Federasi Sepakbola Dunia [FIFA] resmi mengeluarkan peraturan baru terkait jadwal bursa transfer musim panas serta kontrak pemain. Hal itu dilakukan sebagai solusi alternatif usai banyak kompetisi di Eropa terpaksa ditangguhkan karena pandemi virus corona.

Pada saat ini sejumlah kompetisi di Eropa terpaksa ditangguhkan hingga batas waktu yang belum ditentukan karena pandemi virus corona. Hingga kini semua kompetisi belum berani mengumumkan tanggal pasti akan bisa dimulai kembali karena penyebaran virus corona hingga kini masih sulit untuk di atasi.

Akibat ketidakpastian kelanjutan kompetisi membuat beberapa pihak mengajukan penghentian seluruh kompetisi. Pasalnya jika kompetisi terpaksa diperpanjang maka kontrak pemain akan bermasalah termasuk jadwal bursa transfer musim panas mendatang. Bahkan beberapa pemain sudah menandatangani kontrak dengan klub baru yang mulai berlaku pada 1 Juli mendatang, yakni bersamaan dengan dibukanya jendela transfer musim panas.

Untuk mengatasi hal itu, FIFA lantas memutuskan untuk mengubah jadwal bursa transfer musim panas. Adapun bursa transfer musim panas biasanya dilakukan pada 1 Juli hingga 2 September, namun dalam aturan barunya FIFA memberikan fleksibilitas setiap kompetisi untuk menentukan masa tenggatnya masing-masing.

"Melihat situasi terkini maka diperlukan penyesuaian terhadap regulasi awal. Untuk itu maka FIFA akan bersikap fleksibel serta membolehkan jendela transfer untuk dipindahkan dan jatuh pada masa di antara akhir musim dan awal musim berikutnya," tulis pernyataan resmi FIFA melalui laman resmi mereka.

Bukan hanya jadwal bursa transfer musim panas saja, khusus bagi kontrak pemain yang habis 30 Juni mendatang bisa diperpanjang oleh masing-masing klub hingga kompetisi usai.

"Adapun kontrak pemain yang akan habis kontrak begitu kompetisi usai. Dengan adanya penundaan kompetisi maka sudah bisa dipastikan bahwa musim ini tidak akan berakhir sesuai dengan rencana semula. Oleh karena itu setiap pemain yang kontraknya akan habis di akhir Juni untuk diperpanjang hingga kompetisi benar-benar berakhir."

"Kebijakan yang sama juga berlaku bagi semua pemain yang kontraknya mulai aktif di musim baru, artinya kontrak akan ditunda hingga musim selanjutnya sudah dimulai."

Artikel Tag: FIFA, Bursa Transfer, Virus Corona

904  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini