Aji Santoso: Berakhirnya Pandemi Jadi Syarat Mutlak untuk Kembali Menggulirkan Liga

Penulis: Dayat Huri
Jumat 29 Mei 2020, 17:45 WIB
Aji Santoso: Berakhirnya Pandemi Jadi Syarat Mutlak untuk Kembali Menggulirkan Liga

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso/foto dok Persebaya

Berita Liga 1 Indonesia: Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso mengingatkan para pemangku kepentingan di sepak bola tanah air untuk tidak gegabah dalam mengambil keputusan terkait kelanjutan kompetisi sepak bola tanah air yang sampai sejauh ini masih dalam masa penghentian untuk sementara waktu.

Menurut Aji Santoso, dengan pandemi virus Corona atau Covid-19 yang masih terus mewabah di Indonesia akan sangat riskan untuk kembali memutar liga yang pasti akan mengumpulkan banyak orang.

"Dari saya pribadi, kompetisi boleh dilanjutkan kalau kondisi benar-benar aman. Sudah tidak ada pandemi lagi. Itu syarat mutlak. Akan sangat bahaya bagi para pemain," kata Aji, seperti dilansir laman Jawa Pos.

Meski sampai saat ini muncul istilah new normal untuk melakukan pencegahan Covid-19, mulai rajin mencuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak aman. Tapi hal itu tak lantas membuat kompetisi bisa kembali digulirkan. Sebab, metode tersebut tidak cocok dengan kultur sepak bola. Aji pun memberikan contoh.

"Misal kalau tim sedang latihan. Masak iya pemain harus jaga jarak 1 sampai 2 meter? Terus kalau mau merebut bola gimana?," lanjut Aji.

Aji juga tidak ingin kompetisi dilanjutkan tanpa penonton. Dia menilai, suporter adalah roh dari pertandingan. Pelatih asal Kabupaten Malang itu mencontohkan Bundesliga yang kembali dimulai tanpa penonton.

"Jadi seperti sayur tanpa garam. Aura persaingan kompetisi hilang. Jauh dari kenyataan," kata mantan pelatih Arema FC dan Persebaya Surabaya.

Terkait wacana akan digelarnya turnamen pengganti, Aji mengaku tidak mempermasalahkannya. Hanya dia meminta pihak federasi memikirkan masak-masak sebelum memulai turnamen.

"Apakah pandemi benar-benar sudah selesai? Itu yang paling utama. Tim juga butuh persiapan. Latihan juga baru bisa dimulai kalau pandemi sudah benar-benar tuntas," jelasnya.

Artikel Tag: Liga 1, Persebaya Surabaya, Aji Santoso

385  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini