5 Transfer Pemain Musim Dingin Termahal Sepanjang Sejarah

Penulis: Senandung
Kamis 11 Okt 2018, 19:30 WIB
5 Transfer Pemain Musim Dingin Termahal Sepanjang Sejarah

Philippe Coutinho

Jendela transfer musim dingin merupakan saat-saat yang krusial bagi klub sepakbola. Pasalnya mereka dapat berbelanja pemain anyar di tengah-tengah berlangsungnya kompetisi, sesuai dengan kebutuhan mereka untuk meraih hasil yang terbaik di akhir musim. Walaupun begitu, bursa transfer musim dingin bukan waktunya para klub sepakbola untuk menggelontorkan banyak dana karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah pemain baru memiliki waktu yang sangat singkat untuk beradaptasi dengan tim dan gaya bermain mereka. 

Namun ada beberapa catatan transfer pemain termahal yang terjadi di bulan Januari, siapa sajakah itu? Simak daftarnya di bawah ini. 

1. Lucas Moura

Moura tercatat mulai berseragam Paris Saint-Germain dari Sao Paulo pada tahun 2013 lalu, dengan nilai transfer sebesar 38 juta pounds atau Rp 646 juta. Dari jumlah pundi-pundi yang dikeluarkan PSG tersebut, pada awalnya penampilan Moura diragukan. Namun ia berhasil membuktikan diri sebagai bagian penting dalam susunan pemain starter PSG.

2. Fernando Torres

Tidak diragukan bahwa Fernando Torres telah dicap sebagai slah satu pembelian gagal Chelsea. Pemilik klub, Roman Abramovich, saat itu mengeluarkan dana sebesar 50 juta pounds atau Rp 850 juta demi menggaet Torres dari rival mereka, Liverpool pada tahun 2011. Walaupun perfoma Torres gagal untuk membuat banyak orang terkesan, akan tetapi catatan 33 gol yang dilesakkannya dalam kurun waktu lima setengah musim bersama The Blues tentunya menjadi catatan yang cukup penting. 

3. Oscar

Pemain asal Brazil ini digaet oleh Chelsea pada musim panas tahun 2012, dengan nomor punggung 11. Bagi The Blues angka tersebut bukan sembarangan angka, karena sebelumnya pernah dipakai oleh legenda Didier Drogba. Dengan itu otomatis Oscar digadang-gadang dapat membawa Chelsea pada kejayaan. Namun sayangnya selama empat musim ia bermain di Stamford Bridge, Oscar gagal menunjukkan bakatnya yang sesungguhnya. dalam beberapa pertandingan ia memang sempat tampil luar biasa, akan tetapi ia selalu gagal untuk mempertahankan konsistensinya. 

4. Virgil van Dijk

Pada bulan Januari 2018, Liverpool menggelontorkan dana sebesar 75 juta pounds atau Rp 1.2 miliar demi mendapatkan tanda tangan Van Dijk. Nilai transfer fantastis tersebut serta merta membuat Van Dijk menjadi bek termahal di dunia. The Reds sendiri telah mengincarnya sejak tahun 2017, karena ia dilihat dapat menjadi solusi untuk permasalahan lini belakang mereka. Liverpool bahkan sempat terlibat kasus dengan klub asal Van Dijk sebelumnya, Southampton, yang menuduh mereka telah melakukan pendekatan ilegal terhadap Van Dijk. 

5.  Philippe Coutinho

Hampir sama dengan Van Dijk, Coutinho juga diincar Barcelona di sepanjang musim panas tahun 2017. Pemain itu sendiri sudah ingin hengkang ke Camp Nou akan tetapi klub asalnya, Liverpool, masih belum rela melepasnya. The Reds terlihat berusaha untuk mempertahankan Coutinho mati-matian, namun tawaran Barcelona sebesar 145 juta Euro atau Rp 2.5 miliar, membuat mereka tidak bisa berkata lain selain melepas pemain asal Brazil tersebut.

Artikel Tag: transfer pemain termahal, transfer termahal, transfer musim dingin termahal

619