banner babe

5 Poin Penting Kualifikasi Piala Eropa 2020 Bulan Ini

Penulis: Rheza Hendrian
Rabu 04 Sep 2019, 14:09 WIB
5 Poin Penting Kualifikasi Piala Eropa 2020 Bulan Ini

Logo UEFA Euro 2020 / via Getty Images

Berita Sepakbola: Ajang kualifikasi Piala Eropa 2020 akan segera bergulir kembali pada Kamis (5/9) pekan ini. Total ada 55 tim di seluruh Eropa yang saling bertarung untuk memperebutkan jatah 24 slot kontestan yang akan bertanding tahun depan.

Dua tim teratas dari masing-masing 10 grup kualifikasi akan lolos langsung tahun depan. Sementara empat slot lainnya akan ditentukan melalui babak play-off yang melibatkan tim pemuncak grup UEFA Nations League tahun lalu.

Berikut ini adalah lima poin penting kualifikasi Piala Eropa 2020 seperti dihimpun dari Reuters:

Dua raksasa Eropa, Jerman dan Belanda akan kembali bertemu

Jerman dan Belanda akan kembali bertemu untuk keempat kalinya dalam setahun terakhir ketika kedua raksasa Eropa ini saling bertarung di Hamburg pada hari Jumat (6/9) esok.

Kedua tim sudah saling bertemu pada ajang UEFA Nations League tahun lalu dimana Belanda sukses menggasak Jerman 3-0 di kandang dan bermain seri 2-2 di kandang Die Nationalmannschaft.

Namun pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020 tahun ini, Jerman sukses membuka partai pembuka Grup C dengan menang 3-2 di Amsterdam Maret lalu dan membuat skuat asuhan Ronald Koeman kini berada di situasi yang cukup sulit.

Tim Oranye kini tertahan di peringkat ketiga dengan koleksi tiga angka dari dua pertandingan. Sementara Jerman sementara berada di posisi kedua setelah menyapu bersih 3 pertandingan yang sudah mereka lalui. Pemuncak klasemen sementara adalah Irlandia Utara dengan 12 poin di mana koleksi poin tersebut berhasil mereka dapatkan setelah sukses menang home and away atas Belarus dan Estonia.

Menolak bela timnas, Pelatih Swiss menerima keputusan Shaqiri

Pelatih timnas Swiss, Vladimir Petkovic, menerima keputusan Xherdan Shaqiri yang menolak untuk memperkuat Swiss dalam partai Grup D kontra Irlandia dan Gibraltar.

Pemain sayap berusia 27 tahun itu mengaku ingin berkonsentrasi dengan kariernya di Liverpool setelah ia kesulitan untuk menembus starting eleven The Reds akhir-akhir ini.

"Saya menerima keputusannya," ujar Petkovic. "Rasanya tak masuk akal apabila dia datang kesini namun tidak memberikan seluruh kemampuan terbaiknya."

"Dia telah bermain hampir sebanyak 100 kali bagi tim nasional dan sering sekali membuat perbedaan bagi tim. Shaqiri adalah manusia biasa dan wajar baginya mengalami momen sulit seperti sekarang ini," pungkas Petkovic.

Bertindak indisipliner, Zaniolo dan Kean dicoret dari timnas Italia

Pelatih Azzurri, Roberto Mancini, memutuskan untuk menepikan Moise Kean dan Nicolo Zaniolo setelah kedua pemain muda tersebut telat menghadiri sesi latihan tim saat keduanya membela timnas Italia U-21 musim panas kemarin.

Menurut Mancini, hukuman ini terpaksa ia berikan agar kedua pemain tersebut mendapatkan efek jera dan bersikap lebih profesional di masa mendatang.

"Mereka masih muda dan kami memberinya peluang yang besar," ujar Mancini. "Mereka harus belajar bersikap lebih baik. Seorang pemain profesional harus selalu berperilaku baik."

"Ini cuma sebuah kesalahan kecil dan bukan masalah yang serius. Kami berharap semoga hukuman ini bisa membuat mereka lebih baik lagi di masa depan," tutup Mancini.

Italia, yang saat ini memuncaki Grup J, akan bertarung melawan Armenia pada hari Kamis besok (5/9) dan berjumpa Finlandia tiga hari sesudahnya.

Secara mengejutkan nama Rakitic tak masuk dalam daftar skuat Kroasia

Langganan timnas Kroasia, Ivan Rakitic, secara mengejutkan tak disertakan oleh pelatih Zlatko Dalic jelang pertandingan kontra Slovakia dan Azerbaijan di Grup E.

Menurut Dalic, dirinya memutuskan untuk tak memanggil sang gelandang lantaran Rakitic saat ini jarang sekali tampil untuk memperkuat klub yang dibelanya saat ini yaitu Barcelona.

"Untuk saat ini, dia belum siap untuk timnas dan saya rasa dia tak akan mampu memberikan seluruh kemampuan terbaiknya," ucap Dalic perihal ketiadaan nama Rakitic di skuat Kroasia.

"Saya tak punya kekhawatiran tentang apa yang akan terjadi nanti. Saya cuma bisa mendoakan yang terbaik bagi Rakitic."

Kemenangan adalah harga mati buat Portugal

Portugal wajib meraih kemenangan kontra Serbia dan Lithuania pekan ini setelah juara UEFA Nations League tersebut saat ini terjerembab di urutan keempat klasemen sementara Grup B.

Dari dua laga yang sudah mereka mainkan, Cristiano Ronaldo dkk. cuma mampu mengoleksi dua angka saja setelah bermain imbang melawan Serbia dan Ukraina.

Pemuncak klasemen sementara Grup B saat ini dihuni oleh Ukraina dengan 10 poin, diikuti oleh Luxemburg di peringkat kedua (4 poin) dan Serbia di posisi ketiga (3 poin).

"Pertandingan pekan ini sangat menentukan," ujar pelatih Selecao das Quinas, Fernando Santos. "Kami ingin lolos langsung dengan duduk di peringkat pertama. Poin yang kami kumpulkan sekarang membuat kami harus bisa menyapu bersih enam laga sisa," tutup Santos.

Artikel Tag: Euro 2020, Timnas Jerman, Timnas Belanda, Timnas Italia, Timnas Portugal, Timnas Kroasia

714  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini