4 Pemainnya Dipanggil Timnas, Persebaya Ajukan Penundaan Jadwal Liga 1

Penulis: Dayat Huri
Jumat 01 Okt 2021, 17:30 WIB
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso/foto dok Persebaya Surabaya

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Pemanggilan empat pemain Persebaya Surabaya ke pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia untuk melakoni pertandingan play off Piala Asia 2023 pada 7 dan 11 Oktober 2021 nanti membuat tim berjuluk Bajul Ijo itu mengalami krisis pemain jelang melakoni pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2021/2022.

Empat pemain Persebaya Surabaya yang dipanggil untuk bergabung dengan skuat Garuda itu adalah Ernando Ari Sutaryadi (kiper), Rachmat Irianto (bek), Rizky Ridho, dan Ricky Kambuaya (gelandang). Setelah menjalani TC sejak 30 September lalu, para pemain dijadwalkan bertolak menuju Thailand untuk menghadapi Taiwan, Minggu (3/10) nanti.

Kondisi itu cukup menyulitkan Persebaya Surabaya. Di satu sisi, klub ingin mendukung kepentingan timnas Indonesia yang akan berlaga di pentas internasional. Namun, hal itu menghadirkan kesulitan bagi tim pelatih karena melepas empat pemain pilarnya cukup menggembosi kekuatan Bajul Ijo yang dijadwalkan menghadapi PSIS Semarang pada pekan keenam Liga 1 2021/2022, 3 Oktober 2021 nanti.

"Lini belakang sangat krisis. Kiper utama dan dua bek kita berangkat," kata pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso seperti dilansir laman resmi klub.

Kiper utama Bajul Ijo saat ini, Satria Tama masih dalam proses penyembuhan cedera panjang yang ia alami. Posisinya kemudian digantikan Ernando Ari. Nah, jika Ernando Ari harus memperkuat timnas Indonesia, pilihan pelatih hanya pada Andhika Ramadhani dan kiper baru David Aryanto.

Andhika merupakan pemain muda yang belum pernah tampil di laga resmi. Sementara, David malah belum pernah turun, sekali pun dalam laga uji coba.

Oleh karena itu, Aji Santoso berharap PT Liga Indonesia Baru (LIB) bijak menyikapi hal ini. Salah satu opsi yang sangat bisa diambil, lanjut Aji, adalah menunda laga timnya kontra PSIS Semarang.

"Kenapa kami minta begitu karena Persebaya ini yang paling banyak pemainnya dipanggil timnas," jelas Aji.

Sementara itu, manajer Persebaya Surabay Candra Wahyudi segera membicarakan hal ini dengan PSSI dan LIB. Menurutnya, kasus ini tak akan terjadi jika PSSI dan LIB cermat dalam menyusun jadwal liga.

"Kan jadwal pertandingan timnas itu sudah bisa diketahui jauh hari. Dari sana kan bisa diatur, misalnya jadwal seri I dikurangi agar klub juga tidak kesulitan melepas pemainnya. Pemain yang dipanggil Timnas juga kondisinya bisa lebih bugar. Kami sudah kirim surat resmi ke LIB. Agar ada penjadwalan ulang," ujarnya.

Artikel Tag: persebaya, Liga 1, timnas Indonesia, aji

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/4-pemainnya-dipanggil-timnas-persebaya-ajukan-penundaan-jadwal-liga-1
402  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini