Tunisia Jadi Juara FIBA AfroBasket 2017

Penulis: Jelita
Minggu 17 Sep 2017, 20:30 WIB
Tunisia Jadi Juara FIBA AfroBasket 2017

Tunisia/Basketball Ghana

Ligaolahraga.com -

Berita Basket: Tunisia kembali dieluk-elukan karena berhasil merebut gelar AfroBasket FIBA kedua mereka. Tim ini sukses setelah membuat Nigeria bertekuk lutut dengan skor akhir 77-65 di final pada Sabtu (16/9) di Tunis, Tunisia.

Adalah Zied Chennoufi, pemain yang memimpin serangan kemenangan sang tuan rumah tersebut dengan mengoleksi skor tertinggi yaitu 19 poin. Sementara itu di kubu Nigeria, Ike Diogu melakukan serangan paling dominan dengan menyumbangkan skor sebanyak 20 poin dan 10 rebound. Sayang usahanya tak cukup baik untuk menghindari kekalahan.

Nigeria sebenarnya memiliki kans menang apalagi mereka memenangkan kuarter pertama dengan skor 14-8. Namun situasi berbalik di kuarter kedua saat Tunisia unggul 25-24 saat turun minum. Titik balik permainan datang pada kuarter ketiga bagi Tunisia saat Ziyed Chennoufi mencetak tiga angka, lalu mengubah kedudukan bagi keunggulan Tunisia menjadi 44-30.

Dengan kekalahan ini, D'tigers (julukan tim Nigeria) berarti gagal mempertahankan trofi yang mereka menangi pada tahun 2015 dengan alasan yang sama.

Hari Sabtu kemarin cukup bersejarah bagi Tunisia, yang menyelenggarakan turnamen ini untuk ketiga kalinya  setelah tahun 1987 dan 2015, dan belum pernah mencapai final. Dan bagi Nigeria, meski kalah, D'Tigers mampu menerima kekalahan dengan jiwa ksatria dan mereka patut bangga dengan penampilan mereka dalam dua minggu terakhir.

Di lain lapangan pada hari yang sama, Senegal mengklaim tempat terakhir di podium, setelah mengalahkan Maroko dengan skor 73-62, dan duduk sebagai juara tiga.

Meski timnya kalah, Diogu dinobatkan sebagai Most Valuable Player di turnamen itu, dan meraih predikat All-Star Five Awards yang ditawarkan oleh Tissot. Disana ia bergabung dengan pemain kuat lainnya seperti Ikenna Iroegbu (Nigeria), Mohamed Hadidane (Tunisia), Mourad El Mabrouk (Tunisia) dan Gorgui Dieng (Senegal).

Artikel Tag: basket, NBA, FIBA, FIBA AfroBasket 2017

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/tunisia-jadi-juara-fiba-afrobasket-2017
1510  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini