Timnas Indonesia Beberkan Target di Kualifikasi FIBA Asia

Penulis: Senja Hanan
Selasa 09 Feb 2021, 17:41 WIB
Timnas Indonesia sedang melakukan pemusatan latihan. (Images: IBL)

Timnas Indonesia sedang melakukan pemusatan latihan. (Images: IBL)

Berita Basket Indonesia:Timnas Indonesia akan berangkat ke Doha, Qatar pada 15 Ferbuari 2021 nanti. Dalam laga kualifikasi FIBA Asia nanti, manajer pun membeberkan target timnya.

Manajer Timnas Indonesia, Maulana Fareza Tamrella menuturkan, saat ini timnas sudah melakukan persiapan intensif. Para pemain hanya pemantapan sistem dengan kepala pelatih Rajko Toroman saja, terutama bagi para pemain yang baru bergabung seperti Derrick Michael Xzavierro dan Muhammad Sandy Ibrahim Aziz. Sementara soal target, memang tidak muluk-muluk, karena sudah lolos.

"Walaupun sudah lolos, namun setiap pertandingan internasional penting bagi timnas. Tujuannya untuk melihat sejauh mana perkembangan timnas Indonesia di level internasional," ungkapnya pria yang akrab disapa Mocha tersebut.

Melihat performa timnas selama ini, khususnya di babak kualifikasi Piala Asia, memang terdapat perbedaan yang mencolok. Indonesia di jendela pertama menelan dua kekalahan. Indonesia menyerah 76-109 dari Korea, dan tunduk 70-100 dari Filipina.

Kedua laga tersebut berlangsung di Britama Arena Jakarta, pada bulan Februari 2020. Kemudian, Indonesia tampil dengan tim yang lengkap setelah Brandon Jawato dan Lester Prosper masuk roster.

Kala itu, Indonesia berhadapan dengan Thailand di Manama, Bahrain pada bulan November 2020. Hasilnya, Indonesia menang 90-76 atas Thailand. Sementara di jendela ketiga, Indonesia harus berhadapan dengan ketiga negara tersebut di Gharafa Sports Club, Doha, Qatar.

Indonesia akan bertanding melawan Korea pada 19 Februari, yang dilanjutkan berhadapan dengan Filipina pada 20 Februari. Setelah istirahat satu hari, Indonesia akan bertemu Thailand pada 22 Februari.

"Untuk target di Qatar, setidaknya kami ingin memberikan perlawanan yang sengit kepada Korea dan Filipina. Kemudian untuk Thailand, kami harus bisa mengalahkan mereka lagi. Dengan begitu, kami tetap berada di peringkat ketiga Grup A," imbuh Mocha.

Timnas sudah melakukan pemusatan latihan tertutup di Jakarta sejak 1 Februari lalu. Mereka menerapkan protokol kesehatan yang ketat, untuk menjaga pemain tetap sehat sampai keberangkatan ke Qatar nanti.

Sebagian besar roster timnas masih sama. Tidak ada perubahan, kecuali mengganti dua pemain muda. Juan Laurent Kokodiputra dan Vincent Rivaldi Kosasih digantikan Derrick dan Sandy.

Artikel Tag: Kualifikasi FIBA Asia 2021, timnas Indonesia

587  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini