Timnas Basket Indonesia Rebut Medali Emas Usai Kalahkan Filipina

Penulis: Senja Hanan
Minggu 22 Mei 2022, 17:33 WIB
Timnas Basket Indonesia berhasil rebut medali emas.

Timnas Basket Indonesia berhasil rebut medali emas.

Ligaolahraga.com -

Berita Basket SEA Games: Sejarah tercipta di ajang SEA Games 2021. Untuk pertama kalinya, Timnas Basket Indonesia berhasil merebut medali emas setelah mengalahkan Filipina dengan skor 85-81.

Untuk game terakhir ini, head coach Milos Pejic menurunkan starting line-up berisi Juan Laurent Kokodiputra, Brandon Jawato, Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, dan Vincent Rivaldi Kosasih. Mereka berhasil membawa Indonesia unggul 18-14 di kuarter pertama.

Indonesia sempat mendapatkan momentum di pertengahan kuarter kedua. Yudha Saputera dengan jeli melepaskan dua assist yang bagus untuk mencetak dua kali three point. Eksekutornya adalah Agassi Yeshe Goantara dan Derrick Michael. Indonesia unggul 29-23. Tapi performa Jeth dengan lay-up dan three point di bawah dua menit, membawa Filipina menyamakan kedudukan (32-32).

Indonesia bisa mempertahankan keunggulan saat turun minum dengan skor 36-32. Sampai di babak pertama ini, Derrick Michael dan Abraham Damar sama-sama mencetak 10 poin untuk Indonesia. Agassi tampil efektif dengan mencetak 6 poin dari 2 kali three point. Dari Filipina, Jeth mencetak 10 angka, dan Ravena menambahkan 8 angka. Indonesia kurang bagus di paint area karena hanya mencetak 2 angka saja. Tapi Indonesia berhasil memasukkan 6 three point dari 16 percobaan.

Marques Bolden mencetak 18 angka untuk Timnas Basket Indonesia, lengkap dengan 10 rebound. Abraham Damar Grahita mencetak 17 poin. Disusul Derrick Michael dengan sumbangan 14 angka, serta Brandon Jawato dan Agassi Yeshe Goantara yang masing-masing mencetak 11 angka. Dari Filipina Matthew mencetak 23 poin, Junemar Fajardo menambahkan 20 poin.

Menurut catatan sejarah, Filipina sudah memenangkan 18 medali emas SEA Games. Sedangkan Indonesia hanya mendapatkan 4 medali perak dan 3 medali perunggu. Tapi hari ini, rekor Filipina berhasil diputus oleh permainan luar biasa Abraham Damar Grahita.

Sehingga Timnas Basket Indonesia, masuk menjadi negara ketiga peraih medali emas basket SEA Games, di samping Filipina dan Malaysia. Selamat Timnas Basket Putra Indonesia.

Artikel Tag: SEA Games 2021, Timnas basket Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/timnas-basket-indonesia-rebut-medali-emas-usai-kalahkan-filipina
657  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini