Menpora Nilai Timnas Basket Punya Masa Depan Cerah

Penulis: Senja Hanan
Rabu 20 Jul 2022, 11:10 WIB
Menpora, Zainudin Amali. (Images: Kemenpora)

Menpora, Zainudin Amali. (Images: Kemenpora)

Ligaolahraga.com -

Berita Basket NBA: Timnas Basket Indonesia memang gagal ke Piala Dunia FIBA 2023. Meski demikian, Menpora Zainudin Amali tetap apresiasi performa para pemain asuhan Milos Peji

c. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Timnas basket Indonesia disingkirkan China pada perempatfinal FIBA Asia Cup 2022, dengan skor 58-108 pada laga Playoff yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin, (18/7).

“Saya melihat perkembangan yang cukup signifikan dan tim basket ini merupakan tim harapan masa depan,” ujar Amali, saat ditemui wartawan di kantor Kemenpora, Selasa (19/7) siang.

Amali mengakui tim-tim yang menjadi lawan Indonesia pada babak playoff ini merupakan lawan yang berat seperti Australia dan China. Bahkan, dalam skuad China terdapat pemain yang bermain di liga bola basket pria di Amerika Serikat yaitu NBA.  Disamping itu, secara peringkat China sangat jauh dari Indonesia.

“Sekarang ini pondasi basket kita sudah bagus. Kita beri kesempatan kepada mereka, dari peringkat kita dan peringkat China kan jauh. Tapi mereka bisa (melakukan perlawanan), tidak kalah telak. Saya kira masih ada perlawanan,” ujarnya.

Menurut Amali, timnas bola basket tersebut harus lebih banyak diberi kesempatan untuk bertanding di kompetisi level dunia seperti FIBA Asia dan kompetisi lainnya.

“Ini penting, sebab mereka kalau hanya latihan saja itu tidak cukup. Olahraga apa saja, kalau tidak ada kompetisi itu tidak cukup,” katanya.

Oleh karena itu, Amali akan mendorong Liga Bola Basket Indonesia atau IBL supaya liga nantinya melibatkan lebih banyak klub sebagai peserta. Menurutnya, Timnas Indonesia punya harapan, apalagi saat pertandingan dalam kempetisi tersebut dua pemain naturalisasi dari Senegal yakni Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane belum diturunkan karena masih di tim junior. “Jadi saya mengapresiasi usaha-usaha dari Perbasi, coach Milos Pejic yang melanjutkan apa yang dikerjakan coach Toro (Rajko Toroman), dan kepada anak-anak saya kira walaupun merasa dia jauh dari fisik dan sebagainya, tapi perjuangannya tetap masih ada,” jelas Menpora

Artikel Tag: Timnas basket Indonesia, FIBA Asia Cup, Menpora

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/menpora-nilai-timnas-basket-punya-masa-depan-cerah
650  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini