Joel Embiid Masih Ingin Main Lagi Musim Ini, Sixers Dan Tim Olimpiade AS

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 03 Mar 2024, 22:28 WIB
Joel Embiid berbicara kepada media pada Kamis (29/2) di kompleks latihan Sixers. (Foto: AP)

Joel Embiid berbicara kepada media pada Kamis (29/2) di kompleks latihan Sixers. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Joel Embiid ingin bermain lagi musim ini — untuk Philadelphia 76ers, ya, bahkan ketika mereka melemah tanpa sang All-Star yang cedera dalam perebutan playoff, tetapi juga musim panas ini untuk tim Olimpiade AS.

Pemegang gelar MVP NBA saat ini, Embiid telah absen sejak awal Februari ketika dia menjalani operasi pada meniskus lutut kirinya setelah dia mengalami cedera ketika seorang pemain jatuh di atasnya. Embiid terganggu oleh cedera lutut musim ini yang membuatnya absen dalam beberapa pertandingan — dan membuat 76ers kehilangan posisi bagus dalam klasemen.

Ketika sehat, Embiid terus tampil pada level MVP. Dia adalah pencetak skor terbanyak NBA dengan rata-rata 35,3 poin per game pada saat dia terluka dan rata-rata 11,3 rebound dan 5,7 assist. Dia mencetak rekor klub dengan 70 poin bersama dengan 18 rebound pada 22 Januari dalam kemenangan 133-124 atas San Antonio.

Dan pilihan ke-3 dalam draft 2014 itu mengatakan bahwa dia belum selesai.

"Itulah rencananya," Joel Embiid memberi tahu wartawan pada Kamis (29/2) lalu di kompleks tim New Jersey. "Jelas, semua harus berjalan lancar sejauh menjadi sehat dan menjadi sebaik yang seharusnya saya."

Embiid dan 76ers mengatakan bahwa tidak ada jadwal dirinya kembali ke lapangan.

"Kamu tidak pernah bisa mengetahui bagaimana tubuh bereaksi, terutama setelah mulai meningkat," kata Embiid. "Semua tergantung pada bagaimana rasanya dan jika rasanya bagus. Jika rasanya tidak seperti seharusnya, maka kamu harus terus maju."

Sixers saat ini juga terluka sama seperti Embiid.

Dengan Joel Embiid dan rekan setim All-Star guard Tyrese Maxey, 76ers lagi-lagi berada di dekat puncak klasemen Konferensi Timur sebagian besar musim di bawah pelatih baru Nick Nurse.

Tanpa Embiid, Sixers akan beruntung menghindari lotere draft. Mereka memiliki rekor 4-8 sejak Embiid absen dalam pertandingan pada 30 Januari ketika Jonathan Kuminga dari Golden State jatuh di kaki kiri pemain 7 kaki tersebut.

Mereka memiliki rekor 7-17 secara keseluruhan musim ini tanpa Embiid dan turun menjadi 33-25 secara keseluruhan — lebih dekat dengan tempat di turnamen play-in bahkan dengan tambahan baru Kyle Lowry dan Buddy Hield daripada mereka membuat serangan serius untuk memperebutkan gelar NBA pertama mereka sejak 1983.

"Kami tentu berharap bisa kembali dan secepat mungkin dan semua itu," kata Nurse. "Saya pikir tugas kami tetap mencoba untuk melihat apa yang bisa kami lakukan untuk membuat para pemain ini lebih baik. Kami tahu dia akan segera kembali ke sana dan kami memastikan kami mencari tahu bagian yang benar di sekitarnya. Set di sekitarnya, gaya, semua itu di sekitarnya. Skema pertahanan yang tepat di sekitarnya."

Bahkan jika Sixers merosot dalam klasemen dan babak playoff tampaknya tidak terjangkau, Joel Embiid mengatakan dia masih akan mencoba bermain.

"Saya hanya suka bermain basket," katanya. "Saya ingin berada di lapangan sebanyak mungkin. Saya hanya memiliki sekitar 20 tahun untuk melakukan ini. Setiap kesempatan yang saya dapatkan, saya ingin berada di lapangan. Tidak masalah di mana kita berada. Saya tidak tahu, empat, lima, tiga, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, sebelas, tidak benar-benar masalah di mana kita berada, saya hanya ingin bermain sebanyak yang kita bisa dan mencoba membantu kami."

Joel Embiid mengatakan dalam dua bulan menjelang cedera lutut itu dia "tidak bahkan dekat" 100% tetapi kemauannya untuk menang membuatnya tetap di lineup pemain.

"Saya tahu bahwa 60 atau 70% dari saya masih bisa membantu tim, banyak, di kedua sisi lapangan," kata Embiid.

Joel Embiid juga tidak bisa melupakan Paris.

Embiid memberi tahu USA Basketball pada bulan Oktober bahwa, setelah lebih dari setahun mempertimbangkan, dia telah memilih Amerika daripada Prancis sebagai timnya untuk Olimpiade Paris.

USA Basketball tidak berencana untuk mengumumkan timnya hingga musim semi 2024, tetapi jika sehat, Embiid tampaknya telah mengunci salah satu dari 12 tempat di skuat yang akan dilatih oleh pelatih Golden State Steve Kerr.

Joel Embiid menjadi warga negara AS tahun lalu dan juga bisa memilih untuk bermain untuk Prancis — atau bahkan Kamerun, tanah airnya, jika lolos ke Olimpiade Paris.

AS akan mencoba meraih medali emas kelima berturut-turut di Paris musim panas depan. Embiid berharap tetap menjadi salah satu dari daftar panjang pemain NBA teratas yang diharapkan bermain untuk AS musim panas depan, termasuk Stephen Curry, Kevin Durant, dan LeBron James.

"Ini pikiran yang sama, jika saya merasa baik, saya bermain," kata Embiid. "Jika tidak terasa benar, maka saya harus membuat keputusan sulit itu. Saya tidak tahu berapa lama itu akan berlangsung.

Presiden tim Daryl Morey mengatakan minggu lalu dia tetap "berharap" bahwa juara pencetak skor dua kali itu bisa kembali tepat waktu untuk kemungkinan babak playoff.

"Jika segala sesuatunya berjalan lancar, dia akan memiliki waktu peningkatan," kata Morey. "Kami merasa cukup yakin dia akan kembali musim ini."

Apakah kembalinya itu termasuk bermain atau bermain aman dan membatasinya hanya pada latihan belum ditentukan.

Joel Embiid tertawa ketika dia mengatakan satu-satunya bagian baik dari proses rehabilitasi adalah menghabiskan lebih banyak waktu dengan istri dan anak lelakinya yang masih kecil.

"Dia sangat menyukainya saat ini," kata Embiid. "Saya tidak akan pergi ke mana pun, saya tidak melakukan apa pun. Dia terlalu terbiasa. Dia tidak ingin saya meninggalkan rumah lagi."

Artikel Tag: Joel Embiid

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/joel-embiid-masih-ingin-main-lagi-musim-ini-sixers-dan-tim-olimpiade-as
211  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini